URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL BAGI GURU DI MTsS AD-DAKWAH ISLAMIC SCHOOL KABANJAHE

Authors

  • Nurjannah Br Barus Universitas Alwashliyah Medan
  • Hotni Sari Harahap Universitas Alwashliyah Medan
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24077

Keywords:

Urgensi, Kecerdasan Interpersonal, Guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan interpersonal guru di MTsS Ad-Dakwah Islamic School Kabanjahe, bagaimana usaha sekolah dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal bagi guru di MTsS Ad-Dakwah Islamic School Kabanjahe, dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal di MTsS Ad-Dakwah Islamic School Kabanjahe. Melalui metode kualitatif  dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan diperkuat oleh teknik analisis data dengan display data, verfikasi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kualitas guru merupakan suatu komponen penting bagi kemajuan dunia pendidikan serta masa depan suatu bangsa. Guru adalah komponen penting dalam pendidikan. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki seorang guru agar dapat memotivasi siswa secara efektif untuk bekerja baik sebagai guru maupun sebagai sarjana. Kompetensi intinya meliputi keterampilan profesional, pendidikan, praktis, dan sosial. Sejak saat ini, peningkatan keahlian profesional dan pedagogi guru secara konsisten menjadi fokus utama upaya meningkatkan kualitas guru. Namun, pengembangan keterampilan sosial guru dan keterampilan kepribadian profesional seringkali menimbulkan permasalahan. Oleh karena itu, keterampilan sosial dan profesional seorang guru sangat diperlukan dalam proses penentuan watak anak didiknya. Dalam teorinya tentang kecerdasan , Howard Gardner hanya berfokus pada satu kecerdasan: kecerdasan interpersonal. Arti penting dari hal ini adalah menekankan pada kapasitas seseorang untuk menjalin hubungan sosial yang positif dengan indikator antara lain, empati, dukungan sosial, pengendalian diri, pemecahan masalah yang efektif, dan keterampilan komunikasi. Untuk sepenuhnya memenuhi kebutuhan ini, guru tentunya perlu memiliki kompetensi kepribadian dan sosialnya.

References

Armanila, Nurul Zahriani JF, V. (2022). At-Turats Interior of the Study and Play Room?: 16(1), 22–31.

Armanila, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Tk Zulhijjah Medan. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 63. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5480

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Armanila, A., Elfidayati, E., Azhari, A. zahro, Sinta, D., & Hafizhoh, S. (2022). Peran Desain Interior dalam Menunjang Kenyamanan Belajar Anak di RA Bi Al-Nazhar. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 65–82. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i1.5487

Armanila, A., Siahaan, H., & ... (2023). Pelatihan Strategi Pembelajaran Anak Dan Oriantasinya Dengan Hukum Islam: Perspektif Pai Dalam Konsep Al-Ghazali. Community …, 4(1), 228–234. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12128%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/12128/9293

Falah, ahmad syukron. (2017). Peran Guru Pai Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Anak Di Sd Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Skripsi, 51.

Harahap, H. S., & Armanila. (2023). Implementation of Special Management in RA Kamboja. Indonesian Journal of Islamic Early Education, 7(2), 149–155.

Hotni Sari Harahap dan Armanila. (2023). Prinsip Kepemimpinan Moral Spiritual Sekolah Dalam Pembangunan Karakter PAUD di TK Nurul Hidayah Kabupaten Serdang Bedagai. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5, 435–446. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC

Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497

Mahmudah. (2016). Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Tsarwah (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(1), 95–108.

Pratiwi, A. (2020). Pemikiran Prof. Dr. Zakiah Drajat Tentang Pendidikan Isam: Kajian Terhadap Aspek Lingkungan Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Rizkina, S., Armanila, A., Yuningsih, A., & Fitri, W. (2022). Guru dan Strategi Penanganan Pada Anak Dengan Masalah Emosional di RA. As-Syafiqah. Jurnal Raudhah, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2006

Siahaan, H., Nasution, W. S., Ayunita, S., & Sa, N. (2023). Peran Guru dalam Pengambangan Kognitif dan Strategi Pembelajaran pada Anak Usia Dini. 9(1), 15–24.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Br Barus, N. ., Harahap, H. S. ., & Irwansyah, I. (2023). URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL BAGI GURU DI MTsS AD-DAKWAH ISLAMIC SCHOOL KABANJAHE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 981–987. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24077

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>