PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA

Authors

  • Usman Usman Universitas Almuslim
  • Riandi Marisa Universitas Almuslim
  • Saiful Bahri Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42199

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Motivasi Berprestasi, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara. Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, budaya organisasi yang kuat, dan motivasi berprestasi yang tinggi diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru, yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 167 guru, yang dipilih sebagai sampel dengan menggunakan rumus Slovin dari populasi sebanyak 288 guru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linear berganda untuk mengetahui sejauh mana variabel kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi berprestasi secara simultan maupun parsial mempengaruhi kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi berprestasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini menegaskan pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah yang kuat dan budaya organisasi yang kondusif serta perlunya mendorong motivasi berprestasi guru untuk meningkatkan kinerja di lingkungan sekolah

References

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Candra, A., Sabandi, A., Syahril, S., & Zikri, A. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Insentif terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal Basicedu, 4(3), 690–695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.379

Gazali, H., Ridho, M., & Gistituati, N. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Singkarak. Journal of Education Research, 4(3), 1193–1201. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.354

Hasibuan, P. M., & Hadijaya, Y. (2024). Implementasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(3), 2802–2809.

Indartiningsih, D. (2023). Kualitas Guru di Indonesia dan Korea Selatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2019–2030. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5409

Maesaroh, S., Yuliaty, F., & Mulyanti, D. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Guru. Jurnal on Education, 6(4), 18297–18305. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.3

Mbagho, F. I., Khulailiyah, A., & Naelasari, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Siswa di Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(2), 116–129. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/260/180

Noormahmudah. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Noormahmudah. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB, 1(1), 1–23.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Salehha, O. P., Marsithah, I., & Rizki, S. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah , Kepuasan Kerja , dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Penggerak Jenjang SMP Kabupaten Bireuen. Journal on Education, 07(01), 1021–1030.

Setiawan, D. (2019). Pemberdayaan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SLB. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 177–182. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1820

Sulistiani, I., & Nursiwi Nugraheni. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222

Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. (2021). Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Modeling, 8(2), 293–294.

Tyas, Q. C., & Abidin, M. (2023). Manajemen Budaya Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Islam Cahaya Permata Malang. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(01), 97–109.

Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, dan Strategi Rekrutmen Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527. https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2347

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Usman, U., Marisa, R., & Bahri, S. (2025). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1935–1943. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42199

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>