MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KONFLIK KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MAS INSAN KESUMA MADANI KECAMATAN NAMORAMBE KABUPATEN DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17685Keywords:
Manajemen, Bimbingan Konseling, Peserta DidikAbstract
Tulisan ini menjelaskan pada Manajemen Bimbingan Konseling dalam menangani konflik kenakalan peserta didik di MAS Insan Kesuma Madani. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengandalkan informan utama: kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru bimbingan konseling. Hasil penelitian menyoroti dua hal utama: (1) Strategi manajemen bimbingan konseling di MAS Insan Kesuma Madani dalam mengatasi konflik siswa; dan (2) Hambatan yang dihadapi selama proses bimbingan konseling. Kesimpulannya, manajemen bimbingan konseling di sekolah tersebut telah secara efektif merencanakan dan mengimplementasikan strategi untuk mengorganisir dan menangani konflik dan kenakalan siswa. Kerjasama antara guru bimbingan konseling dengan pihak sekolah lainnya dan dukungan dari wali murid menunjukkan peran penting dalam kesuksesan proses ini.References
Ahmad Abdur Rohman, & Imas Masturoh. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa (Penelitian di SMP Plus Ma’arif Al-Muslihuun Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis) | Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/193
Ariyanti, F., Suriata, S., Zainuddin, M. S., & Suprianto, S. (2022). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi Ccyberbullying Di SMP NEGERI 10 TARAKAN. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 4(1), 47–53. https://doi.org/10.35334/JBKB.V4I1.2715
Cinda Hendriana, E., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25–29. https://doi.org/10.26737/JPDI.V1I2.262
Darmayanti, D., & Nanda, M. (2019). Pelatihan Manajemen Stres Untuk meningkatkan kebahagiaan Para Santri di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Labuhanbatu Selatan.
Defriyanto, & Neti Purnamasari. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Kelas XII di SMA Yadika Natar. KONSELI?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 207–218. https://doi.org/10.24042/KONS.V3I2.566
Djam’an Satori, & Aan Komariah. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Hasan Agus, A. R., Rozi, F., & Faisal. (2023). Manajemen Kegiatan Ekstrakulikuler dalam Seleksi Santri Berbasis Multiple Intelegence. a 5(1), 108–125. https://doi.org/10.36088/MANAZHIM.V5I1.2798
Nurwan, D. (2019). Layanan Konseling dengan Pendekatan Eksistensial Humanistik dalam Penyesuaian Diri Remaja (Penelitian Tindakan Konseling di Panti Asuhan Nurul Islam Kebaharan Kota Serang Banten).
Rofingah, S. (2007). Pengaruh bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Batu.
Sulidar, S., Yuslem, N., Is, F., Rambe, U. K., & Wildan, T. (2022). Kesuksesan Manajemen Komunikasi dan Psikologi Nabi Muhammad SAW Dalam Mengatasi Masalah Keluarga. AL QUDS?: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(3), 2580–3190. https://doi.org/10.29240/ALQUDS.V6I3.5490
Tatang Syaripudin. (2012). Ilmu Pendidikan, . Pustaka Setia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Syukri Azwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.