PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 8 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41542Keywords:
Kecerdasan Emosional, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru, Kualitas PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kecerdasan emosional, disiplin kerja, dan motivasi memengaruhi kinerja guru di SMA Negeri 8 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, disiplin kerja, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan kontribusi total mencapai 80,8%. Berdasarkan analisis regresi linier, diperoleh persamaan Y = 35,880 + 0,241 X1 + 0,252 X2 + 0,243 X3, yang menunjukkan bahwa setiap variabel bebas memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru. Uji F menunjukkan bahwa model regresi memiliki tingkat signifikansi yang sangat tinggi, dengan nilai Fhitung sebesar 100,561, jauh lebih besar dari Ftabel 2,947, yang membuktikan bahwa ketiga faktor tersebut saling memengaruhi kinerja guru secara signifikan. Secara spesifik, kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 0,241, disiplin kerja sebesar 0,252, dan motivasi kerja sebesar 0,243 dalam meningkatkan kinerja guru. Temuan ini menekankan pentingnya kecerdasan emosional, disiplin, dan motivasi dalam meningkatkan efektivitas pengajaran, yang pada gilirannya akan mempengaruhi kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa. Saran yang diberikan adalah perlunya program pengembangan profesional bagi guru yang fokus pada peningkatan kecerdasan emosional, disiplin, dan motivasi kerja. Selain itu, penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung guru, melalui penghargaan dan insentif yang dapat mendorong mereka untuk berinovasi dalam pembelajaran.References
Ahmad, Susanto. 2017.Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media
Brackett, M. A., et al. (2010). Emotional intelligence and the quality of social interactions in work and life: Implications for educational leadership. International Journal of Leadership in Education, 13(2), 1-16.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer Science & Business Media.
Febiningtyas, Rista Eka Rachim dan Ekaningtias, Diah. 2014. The Effect of Leadership, Motivation, and Work Discipline on the Employees’ performance of Finance Section in the Regional Working Unit in Tulungagung Regency. The Indonesian Accounting Review Vol.4, No.2, July 2014, pp 97 – 106.
Goleman, D. (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationships. Bantam Books.
Handoko, T. H. 2012. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi. Kedua. Cetakan Keempat Belas. BPFE. Yogyakarta. Page 3. 223.
Kurniawan, M. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, 9(1), 54-60.
Liden, R. C., Wayne, S. J., & Kraimer, M. L. (2001). Managing individual performance in work groups. Human Resource Management, 40(1), 63–72
Lismeida, R. A., & Meilani, R. I. (2017). Kepuasan kerja dan kinerja guru: sebuah studi terhadap para guru smk tersertifikasi di indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 57-65. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14612
Mayer, J. D., & Salovey, P. (1990). Emotional intelligence. Imagination, Cognition and Personality, 9(3), 185-211.
Mulyasa (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munawir et al. (2022). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (1): 8 – 12. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327. 9
Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. DOI:https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327
Purwanti, R. U. (2016). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada kantor dinas pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sagala, S. (2017). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Cet. VIII; Bandung: Alfabeta
Samosir.A.A.P, Sinulingga.S, Siahaan E. (2020). Analysis Of The Effect Of Work Motivation, Emotional Intelligence And Training On Employee Performance At The State Of Tarutung Christian Religion Institute.International Journal Of Research And Review, Vol.7, Issue.8.
Saputra, A. (2018). Pengaruh Motivasi, Stress Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Yayasan Perguruan Dr Wahidin Sudirohusodo Medan. 28(1), 72–79.
Saputra, andre 2021. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD Negeri 135 Palembang. Saputra, Andre, Mi, 5–24.
Setiawan, A. (2020). Peran kecerdasan emosional dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 98-105.
Siagian, Sondang P. 2004, Teori Motivasi dan Aflikasinya, Jakarta.,Renika Cipta.
Siahaan, E. (2018). Evaluating The Effect Of Work-Family Conflict And Emotional Intelligence In Workplace: Review To Increase Employees’ Performance. IOP Conf. Series: Earth And Environmental Science. Doi:10.1088/1755-1315/126/1/012100.
Siahaan, N. (2021). Pengembangan kecerdasan emosional pada guru: Dampaknya terhadap motivasi kerja dan kinerja di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 12(4), 233-247.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R& D) : Bandung : Alfabeta, 2010
Suwanto, S. (2019). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada rumah sakit umum Tangerang Selatan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(1), 16-23
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fathul Mulki Nasution, Sukarman Purba, Arif Rahman, Wanapri Pangaribuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.