IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MAWARIDUSSALAM, KEC, BATANG KUIS DELI SERDANG

Authors

  • Fitri Yulia Universitas Al-Washliyah Medan
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Al-Washliyah Medan
  • Ikhwan Daulay Universitas Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29044

Keywords:

Manajemen, Kepala Madrasah, Guru

Abstract

Tulisan ini menjelaskan pelaksanaan tugas kepala sekolah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mawaridussalam, Batang Kuis, Deli Serdang, bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. Tujuan penelitian ini mencakup tiga aspek penting. Pertama, untuk memahami bagaimana implementasi manajemen kepala madrasah aliyah dalam meningkatkan kinerja guru dan menjalankan manajemen sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Kedua, untuk mengevaluasi manajemen kepala sekolah dan cara mengelola lembaga pendidikan sesuai dengan visi dan misi pondok pesantren. Dan ketiga, untuk mengetahui sejauh mana kinerja tenaga kependidikan dapat ditingkatkan dalam lima tahun agar lembaga pendidikan dapat berkembang dan memiliki jumlah santri yang memadai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi. Data dikumpulkan sesuai dengan pertanyaan penelitian dan tujuan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, kepala sekolah telah melakukan implementasi untuk meningkatkan kinerja guru di pondok pesantren Mawaridussalam. Kedua, aktivitas tenaga kependidikan dievaluasi oleh kepala madrasah untuk memastikan kinerja yang optimal. Dan ketiga, penerapan manajemen kepala sekolah masih memerlukan evaluasi lebih lanjut untuk mencapai visi, misi, dan target yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Yulia, F. . ., Irwansyah, I., & Daulay, I. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MAWARIDUSSALAM, KEC, BATANG KUIS DELI SERDANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6490–6496. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29044

Most read articles by the same author(s)