ANALISIS PROBLEMATIKA GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (MERDEKA BELAJAR) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BONE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41668Keywords:
Problematika, Guru, Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi oleh guru Bahasa Indonesia dalam implementasi Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bone. Kurikulum Merdeka diperkenalkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan berpusat pada siswa. Namun, pelaksanaannya sering kali dihadapkan pada berbagai tantangan yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam kepada guru-guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Data yang diperoleh mencakup perspektif guru mengenai dukungan yang diterima, sumber belajar yang tersedia, serta kendala dan strategi yang diterapkan dalam mengatasi masalah yang muncul selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengelompokkan tema-tema utama dari tanggapan informan.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru menghadapi beberapa kesulitan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, termasuk kurangnya pelatihan yang memadai, dukungan sumber belajar yang belum optimal, dan kebutuhan akan penyesuaian metode pengajaran. Meskipun dukungan berupa materi pembelajaran dan sumber daya digital tersedia, guru merasa belum sepenuhnya siap untuk menerapkan kurikulum sesuai dengan pedoman yang ditetapkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak terkait dalam upaya memperbaiki implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah, serta menyarankan perlunya pelatihan tambahan dan peningkatan dukungan untuk guru.References
Afifah Siti N. 2022. “Problematika Penerapan Kurikulum merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Skripsi. Unviersitas Islam Negeri Sunga Ampel.
Anggaraini, Marsella, Siti, Anjani, 2022. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum merdeka”. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI). Vol.1, No 3.
Daga, Agustinus Tanggu. 2021. Iplementasi Pendidikan Karakter Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Guru sekolah Dasar. Vol. 10. No. 4. 2021. Hal. 836-851.
Direktorat PAUD, Dikdas dan Dikmen. 2021. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Hal 9. Jakarta. Sekretariat Jendral Kemendikbudristek.
Fikriyah, S. Annisa, M. Ulfah. Opan, A.2022. “Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, Vol. 3, No.1. hal: 11-19.
Fitrah, Muh dan Luthfiyah. 2017. Buku Metodologi Penelitian Penelitian, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Suka Bumi: Cv Jejak.
Gumilang, G. S. 2016. Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Hehakaya Enjelli & Delvyn Pollatu.2022. “Problematika Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka”. Insititut Agama Kristen Negeri Ambon. Jurnal Pendidikan DIDAXEI Vol. 3. No.2. Hal: 394-408.
Hikmah Lailatul. 2020. “Problematika Pembelajaran Fiqh di MIS Muhammadiyah Sinar banten Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses 2021.
https://nasional.tempo.co/read/1283493/nadiem-makarim-merdeka-belajar-adalah- kemerdekaan-berpikir
Julianto.I.R & Annisa S.U. 2022. “Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring https://kbbi.kemdikbud.go.id
Kemdikbud. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diakses melalui https://s.id/kurikulum-merdeka.
Mawati Arin Tentrem, Hanafiah, dan Opan Arifudin. 2023. “Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar”. Jurnal prima Edu Vol.1, No.1. hal: 69-70 dan 109.
Moleong, L.J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosada Karya.
Mudlofir Ali. “Buku Pendidik Profesional: Konsep, Stratergi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia”. Hal:59-118. Jakarta. Rajawali Pers, Ed.1. cet.2. 2013.
Pamungkas, M., & Bintang, T. 2016. Pengaruh inrakurikuler dan ekstrakurkuler terhadap soft skill mahasiswa semester VII Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rahimah. 2022. “ Peningkatan Kemapuan guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol.6 No.1. Hal: 92-106.
Retnani Pupi E. 2018. “Problmeatika Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Kurikulum 2013 Kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Purwakerto”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwakerto.
Shalikha, P.A.A (2022) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86-93.
Sufanti.M. 2013. Pembalajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat. FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suaryo Ayo, Riska Oktavia Lurina dan Heri Isnaini. “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kulikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Pamanukan, Kabupaten Subang”. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa Vol.1, No.3, Juli 2023. Hal. 102-110 Https://doi.org/10.59024/bhinneka.vli3.187.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.
Widiastini.N.K, I.M Sutama & I.N Sudiana.2023.”Penerapan Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol.12.No.1 diakses pada https://ejournal2.undiksha.ac.id.
Windayanti, Mirhab Afnanda, Ria Agustina, Emmanuel B S Kase, Muh safar, dan Sabil mokodenseho. 2023. “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka”. Journal on edication, Vol.06, No.01. https://jonedu.org/index.php/joe.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andi Nur Elisa Hasbar, Muh. Safar, Andi Srimularahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.