IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42010Keywords:
Literasi Digital, Digitalisasi Pendidikan, Guru Sekolah DasarAbstract
Perkembangan zaman yang menuntun sampai pada era digitalisasi pendidikan menjadikan tantangan sekaligus tuntutan guru untuk mengembangkan literasi digital dalam pembelajaran. Guru sebagai tokoh utama kegiatan pembelajaran sewajarnya mampu menguasai teknologi sebelum mengajarkannya pada peserta didik. Faktanya kecakapan guru untuk mengembangkan literasi digital dalam pembelajaran masih relatif kurang. Kegiatan pengabdian dengan menyasar Sekolah Dasar sebagai mitra pengabdian dapat menjadi solusi dan alternatif dalam mengatasi kondisi tersebut. Melalui pelatihan dan pendampingan dengan empat metode penyelesaian masalah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan monitoring terbukti berhasil memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baru bagi para guru mengenai bagaimana merancang pembelajaran yang inovatif berbasis literasi digital. Berdasarkan penilaian sikap keaktifan pada kegiatan pelatihan ini menunjukkan adanya reaksi positif dari guru dalam kategori baik dan sangat baik. Terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil pretest dan posttest yang dilakukan oleh guru. Dampak positif dari kegiatan pelatihan literasi digital diharapkan dapat menjadi jalan pembuka bagi guru Sekolah Dasar untuk dapat mengembangkan kompetensi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi digital secara berkelanjutan demi memenuhi tantangan zaman kedepannya.References
Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Bagi Guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.36456/Kanigara.V1i2.4022
Ariyati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Di Era 4.0: Tantangan Dan Harapan. Fkip E-Proceeding, 151–160.
Asari, A., Kurniawan, T., & Ansor, S. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98–104.
Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27. Https://Doi.Org/10.47637/Eksponen.V11i1.368
Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Jces (Journal Of Character Education Society), 3(1), 118–128. Https://Doi.Org/10.31764/Jces.V3i1.1483
Ferdiyansyah. Aldy. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Budi Beraksi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Dasar (PDs).
Fitriani, F., Yulis, P. A. R., Nurhuda, N., Sukarni, S., Gunita, A., & Cholijah, S. (2023). Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 140–147. Https://Doi.Org/10.33394/Jpu.V4i1.6536
Harsono, A.M.B, Murti, R.C., & Cahya. R.D. 2023. Hubungan Keterampilan 4C dan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3299-3308.
Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Pembelajaran Dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2996
Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Https://Jurnal.Univpgri-Palembang.Ac.Id/Index.Php/Prosidingpps/Article/View/2662
Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), Article 1.
Nur, M. (2022). Pembelajaran Ips Berbasis Literasi Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 2(6), Article 6.
Nurhidayat, E., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi Di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal Of Community Service, 1(1), Article 1.
Rini, T. P. W., & Sari, D. D. (2021). Bimbingan Teknis Merancang Pembelajaran Interaktif Berbasis Daring Di Masa Normal Baru Pada Guru-Guru Sekolah Dasar. Integritas : Jurnal Pengabdian, 5(1), 194–208. Https://Doi.Org/10.36841/Integritas.V5i1.1044
Rini, T.P.W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Sekolah Dasar I Bagi Mahasiswa Pgsd Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Ika: Ikatan Alumni Pgsd Unars, 8 (1), 209-219.
Rohmah, N. (2019). Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.58518/Awwaliyah.V2i2.448
Sormin, S. A., Siregar, A. P., Priyono, C. D., & Sn4jpsfisunp2019. (2019). Konsepsi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Di Era Disruptif. Osf.
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia), 2(1), Article 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ali Rachman , Tika Puspita Widya Rini, Aldy Ferdiansyah, Arta Mulya Budi Harsono, Ari Hidayat, Maulana Rizqi, Nida Azkia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.