ANALISIS DAMPAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA BINANGA KEC. BARUMUN TENGAH KABUPAEN PADANG LAWAS

Authors

  • Rizkya Nur Universitas Medan Area
  • Suri Handayani Damanik Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50254

Keywords:

Dampak, kekerasan, sosial Emosional, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Bentuk dan Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data Observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara mendeskripsikan keadaan anak yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima responden mengalami perlakukan kekerasan yang disebabkan oleh keluarga yang dimana lebih berdominan kepada kekerasan fisik dan kekerasan psikis yang dimana kekerasan fisik seperti, mencubit, memukul, dan menampar sedangkan kekerasan psikis seperti berkata mengancam, menghina hingga kasar/binatang “Anjing, Babi, dan Bodat. Faktor penyebab anak mengalami kekerasan berasal dari pola asuh orangtua yang salah, sedangkan faktor penyebab kurangnya kemampuan sosial emosional anak disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang anak.

References

Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak Nyoman. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1), 69–78. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:bkuzIot5Rl0J:https: //jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/download/1833/1537&cd =11&hl=ban&ct=clnk&gl=id

Dhiu, K. D. (n.d.). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini.

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Kadir, A., & Handayaningsih, A. (2020). Kekerasan Anak dalam Keluarga. Wacana, 12(2), 133–145. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i2.172

Kresna Agung Yudhianto, S.Psi., M.Psi, D. (2022). Hukum Perlindungan Anak & KDRT. Pustakabarupress.

Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Sosio informa, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594

Lingkungan, P., Terhadap, K., Sosial, P., & Anak, E. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. 6, 84–88.

Mardiyati, I. (2015). Dampak Trauma Kekerasan dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikis Anak. https://doi.org/10.24260/raheema.v2i1.166

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin https://doi.org/10.22146/bpsi.10567 Psikologi, 23(2), 103.

Pujianti, R., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–126. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i2.4919

Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.

Simatupang, Dorlince & Ningrum, E. P. (2020). Studi tentang perilaku hiperaktif dan upaya penanganan anak di TK Pembina Tebing Tinggi. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 31–39.

Anggraini, E. S., Simaremare, A., Tasri, C., & Simatupang, M. F. (2024). Menganalisis Permasalahan Komunikasi Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Tk Asisi Medan. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(3), 80.

Marbun, S., & Bangun, B. K. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun Di TK Sos Desa Taruna Medant.A 2018/2019. Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 25.

Simaremare, A., & Tuturop, R. H. (2020). Studi Deskriptif Tentang Perilaku Prososial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK St. Antonius 2 Mandala Medan. Bunga Rampai Usia Emas, 6(2), 1.

Virganta, A. L., Simanjuntak, J., & Ayunda, Y. (2020). Studi Tentang Perhatian Orang tua terhadap Pengembangan Konsep Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Kerasaan. Jurnal Usia Dini, 6(1), 45.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Nur, R., & Damanik, S. H. (2025). ANALISIS DAMPAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA BINANGA KEC. BARUMUN TENGAH KABUPAEN PADANG LAWAS . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7455–7458. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50254

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)