ANALISIS ETIKA PERGAULAN PERTEMANAN DIKALANGAN ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48293Keywords:
Etika Pergaulan, Karakter Anak, Sekolah Dasar, Pendidikan Karakter, Interaksi SosialAbstract
Etika pergaulan merupakan bagian penting dalam proses pembentukan karakter anak sejak usia dini, khususnya di lingkungan sekolah dasar. Periode ini merupakan fase krusial di mana anak mulai memahami norma sosial melalui interaksi dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk etika pergaulan serta faktor-faktor yang memengaruhi hubungan sosial anak di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan observasi lapangan yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Medan pada 13 Juni 2025. Data diperoleh dari hasil dokumentasi kegiatan siswa serta wawancara informal dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai etika seperti tolong-menolong, kerja sama, dan empati sudah mulai berkembang dalam interaksi siswa sehari-hari. Namun, masih ditemukan tantangan seperti sikap saling mengejek, pengaruh negatif dari kelompok sebaya, dan keterbatasan pendampingan dalam menyelesaikan konflik sosial. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru, orang tua, dan lingkungan sekolah dalam menanamkan nilai etika pergaulan secara konsisten. Kesimpulannya, pergaulan etis di tingkat sekolah dasar sangat berperan dalam membentuk karakter sosial anak, dan perlu didukung oleh pendekatan pendidikan karakter yang menyeluruh dan berkelanjutan.References
Lestari, H. D. (2021). Keteladanan guru dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 115–126.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter: Panduan lengkap untuk mendidik siswa menjadi pintar dan baik. (Terj. Juma Abdu Wamaungo). Nusa Media.
Nurwahidah, N., & Fatmawati, A. (2020). Bullying dan dampaknya terhadap perkembangan sosial anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 9(1), 44–52.
Suyatno, S., Rosyidi, U., & Hidayati, T. (2019). Model pendidikan karakter berbasis kelas dalam membentuk kebiasaan moral siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 289–300.
Wardani, R. A. (2022). Mengelola keberagaman sosial dalam pembentukan sikap toleransi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural, 4(1), 23–35.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhayati Nurhayati, Halimah Putri Betrin, Mei Hera Aswar Aswar, Putri Ramadani Tumangger, Ratu Khylla, Salwa Fasya Assyfa, Zahwa Azzahroh Taufiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




