ANALISIS ETIKA PERGAULAN PERTEMANAN DIKALANGAN ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Halimah Putri Betrin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mei Hera Aswar Aswar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Ramadani Tumangger Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ratu Khylla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salwa Fasya Assyfa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zahwa Azzahroh Taufiq Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48293

Keywords:

Etika Pergaulan, Karakter Anak, Sekolah Dasar, Pendidikan Karakter, Interaksi Sosial

Abstract

Etika pergaulan merupakan bagian penting dalam proses pembentukan karakter anak sejak usia dini, khususnya di lingkungan sekolah dasar. Periode ini merupakan fase krusial di mana anak mulai memahami norma sosial melalui interaksi dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk etika pergaulan serta faktor-faktor yang memengaruhi hubungan sosial anak di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan observasi lapangan yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Medan pada 13 Juni 2025. Data diperoleh dari hasil dokumentasi kegiatan siswa serta wawancara informal dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai etika seperti tolong-menolong, kerja sama, dan empati sudah mulai berkembang dalam interaksi siswa sehari-hari. Namun, masih ditemukan tantangan seperti sikap saling mengejek, pengaruh negatif dari kelompok sebaya, dan keterbatasan pendampingan dalam menyelesaikan konflik sosial. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru, orang tua, dan lingkungan sekolah dalam menanamkan nilai etika pergaulan secara konsisten. Kesimpulannya, pergaulan etis di tingkat sekolah dasar sangat berperan dalam membentuk karakter sosial anak, dan perlu didukung oleh pendekatan pendidikan karakter yang menyeluruh dan berkelanjutan.

References

Lestari, H. D. (2021). Keteladanan guru dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 115–126.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter: Panduan lengkap untuk mendidik siswa menjadi pintar dan baik. (Terj. Juma Abdu Wamaungo). Nusa Media.

Nurwahidah, N., & Fatmawati, A. (2020). Bullying dan dampaknya terhadap perkembangan sosial anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 9(1), 44–52.

Suyatno, S., Rosyidi, U., & Hidayati, T. (2019). Model pendidikan karakter berbasis kelas dalam membentuk kebiasaan moral siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 289–300.

Wardani, R. A. (2022). Mengelola keberagaman sosial dalam pembentukan sikap toleransi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural, 4(1), 23–35.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Nurhayati, N., Betrin, H. P., Aswar, M. H. A., Tumangger, P. R., Khylla, R., Assyfa, S. F., & Taufiq, Z. A. (2025). ANALISIS ETIKA PERGAULAN PERTEMANAN DIKALANGAN ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6524–6528. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48293

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>