PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK SPEECH DELAY USIA 4 TAHUN DI TK SWASTA KHATOLIK BUDI MURNI 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43851Keywords:
Kemampuan berbicara, Speech Delay, Metode Bercerita, Boneka Tangan, Single Subject ResearchAbstract
Kemampuan berbicara merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, yang meliputi pengucapan kata yang tepat, pengembangan kosakata, dan pembentukan kalimat. Namun, salah satu anak mengalami keterlambatan berbicara (speech delay), yang dapat menghambat kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif. Salah satu metode yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan speech delay adalah metode bercerita menggunakan boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak speech delay usia 4 tahun di TK Swasta Katolik Budi Murni 2. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, menggunakan teknik observasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, yang mencakup fase baseline-1 (A-1), intervensi (B), dan baseline-2 (A-2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dengan boneka tangan memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak speech delay. Pada fase baseline-1 (A-1), anak memperoleh skor 31% dengan kategori "Kurang Sekali," yang mencerminkan kesulitan dalam pengucapan kata, pengembangan kosakata, serta penyusunan kalimat sederhana . Setelah diberikan intervensi dalam 10 sesi, peningkatan mulai terlihat pada sesi ke-8 hingga ke-10, dengan skor meningkat menjadi 50% dalam kategori "Cukup Baik." Pada fase baseline-2 (A-2), skor anak meningkat lebih lanjut menjadi 62% dengan kategori "Baik," menunjukkan dampak positif yang berkelanjutan dari intervensi yang dilakukan.References
Anugerah, R. and Damanik, S.H. (2023)'' Pengembangan Media Quiet Book Sebagai Stimulasi Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Total Phisycal Response Method dI TK Nasrani 2 Medan'' ‘IJOL : Indonesian Journal of Language and Literature. 01(02), pp. 387–392.
Azizah, N. et al (2024)' Ragam Metode Pembelajaran Menarik Untuk Anak Usia Dini:Konsep dan Praktek, Jurnal Penidikan Anak Usia Dini, hal 75-83
Budiarti, E. et al. (2023) ‘Penanganan Anak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Usia 5 - 6 Menggunakan Metode Bercerita Di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), pp. 112–121. Available at: https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1584.
Febrianti, A., Rusmayadi, R. and Herman, H. (2021) ‘Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak TK Idhata Cambayya’, Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(2), pp. 52–63. Available at: https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.602.
Handayani, S. et al. (2020) ‘Development of Early Childhood Inclusive Education Textbook for Student of Teacher Education in Universitas Negeri Medan’. Available at: https://doi.org/10.4108/eai.17-12-2019.2296028.
Intan N, S and Ega A.M (2019), 'Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak' Jurnal on Early Childhood Education Research, 2685-6174 online .
Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 6 tahun. PRESCHOOL, 2(2),
Khasanah, U. (2022) Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Menggunakan Big Book Konsep dan Aplikasinya.
Kuntarto, E. and Putri Aritonang, H.A. (2023) ‘Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), pp. 3865–3877. Available at: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10215.
Madyawati, L. (2016) Strategi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.
Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Yogyakarta: UAD Press. (ISBN: 978-623-6071-34-2)
Qalbi, Z. et al. (2020) ‘Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Bercerita di TK Negeri 1 Padang Baru’, Jurnal Pelita PAUD, 4(2), pp. 287–294. Available at: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.1013.
Rohimah, Y., & Diana, R. R. (2022) ''Analisis Faktor Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Ana
Sari Jaya, M.P. (2019) ‘Pengaruh Media Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Tk Aba 3 Kota Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019’, PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), pp. 168–175. Available at: https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3114.
Srinahyanti. (2022). Pemanfaatan Loose Parts Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Guru Kita, 6(3), 189-193. Universitas Negeri Medan.
Victoria, H.D. et al. (2024) ‘Pengaruh Penggunaan Media Mini Teater terhadap Keterampilan Komunikasi Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Karunia Medan Johor’, 1(4).
Wibowo, Agung, et al. "Analisis efektivitas media pembelajaran PKN terhadap gaya belajar kelas III SD." Journal of Educational Analytic (JEDA), vol. 1, no. 1, 2022, pp. 1-8.
Widayawan, A.N. (2024) ‘Metode Bercerita Untuk Mengatasi Keterlambatan Bahasa Anak Usia Dini’, 2(2), pp. 284–294.
Wiratnaningsih, W. (2021) ‘Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik di TK Anggrek Kencana Batang’, Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), pp. 107–112. Available at: https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.45.
Yusnadi dan Aman, (2019). Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Medan : Halaman Moeka dan Fakultas Ilmu Pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meri Rajagukguk, Suri Handayani Damanik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.