PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMMANUEL KIDS MEDAN

Authors

  • Henni Anastasia Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Suri Handayani Damanik Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38072

Keywords:

Metode Fonik, Kemampuan Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan diterapkan metode eksperimen (experimental research) dengan desain Time Series Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Kelas B yang berjumlah 30 orang anak. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling dengan sampel yaitu berjumlah 15 orang anak.  Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil perhitungan dan uji hipotesis data diperoleh nilai  = 6 dan = 25 ( dengan taraf signifikan 0,05) maka nilai < dari 0,05 sehingga hipotesis menyatakan terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Medan.

References

Aminah, & Siti. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok A Tk Plus Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. Jurnal Pendididkan Anak Usia Dini.

Ardyanti, W. 2015. Penggunaan Metode Fonik untuk Meningkatkan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Dhieni, & Nurbiana Dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas. Terbuka.

Dwiyanti, L., & Khan, R. 2020. Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Ape. Evaluasi Program Kebijakan di Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Yang Terakreditasi C Tahun 2019. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta.

Dwiarti, & Retno. 2013. Peningkatan membaca permulaan menggunakan permainan kartu kata pada anak kelompok b tk masyithoh ngasem sewon bantul Yogyakarta

Jager, M. (2015). Beginning to Read: Thinking and Learning About Print. Cambridge, Massachusetts: The MIT Press

Kamtini & Amirah. D. 2017. Pengaruh Kegiatan Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6tahun Dengan Menggunakan Media Gambar Di R.A Nuraisyah Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Bunga Rampai Usia Emas. Vol. 3 No. 1

Marbun. S. & Nurhayatun. S. 2023. Penggunaan Media Flashcard Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. Vol 9 No 1.

Rahim. F. 2012. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ray. D. & Oktaviani. 2018. Pengaruh Pengguna Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menbaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Bunga Rampai Emas.Vol. 4 No. 1.

Osei. A. & dkk. 2016. The use of prereading activities in reading skills achievement in preschool education. European of Educational Research, 5 (1), 35- 42

Pratiwi. T. W. 2020. Peran Media Flashcard Dalam Mengenalkan Menghitung Permulaan Pada Anak Usia Din. Jurnal Pendidikan Anak , 1-7. P-Issn : 2747-1624 E-Issn : 2775- 392

Putri, & Aulia. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Fonik Di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Tanjung Barulak, Kecamatan Tanjung Emas”. Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto, Purwokerto, 2014.

Puspitasari, A. D. 2015 “Pengaruh Phonis Method Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bastanul Atfal Kentonatan”, Skripsi Program Studi PG-PAUD, Universitas Sebelas Maret.

Rahim, dkk, 2014. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Aksara

Rianto, E. 2016 “Pengaruh Metode Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A”, Jurnal PAUD Teratai 5(2): 34-38

Simaremare. A & Irma A. S. 2023. Pengembangan media pop up book berbasis lingkungan untuk meningkatkan keterampilan membaca dini pada anak usia 5-6 tahun di TK Kesma Jaya Medan. Jurnal Penelitian Lanjutan Indonesia (IJAR).Jilid 2 No.1

Simatupang. D & Lukita. Y. 2023. Analisis Kemampuan Berbahasa anak Usia 4-6 Tahun di TK Pelagi Medan. International Journal of Applied and Advanced Multidisciplinary Research (IJAAMR) Vol. 1, No. 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D. Bandung: Alfabeta, Cv.

Sunarni. 2014 “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Animasi Pada Anak Kelompok B1”, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanto, A. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Penada Media Grup.

Virdyna, N. K. 2015. Penerapan Metode Fonik dalam Pembelajaran Bahasa Ingris bagi Anak Usia Dini”, Jurnal Dosen Jurusan Tarbiyah Prodi Tadris Bahasa Inggris, Vol. 1.

Yulianti, E., & Rachman, A. 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking Stcik Dengan Flashcard. Jurnal pendidikan Anak Usia Dini

Yus. A & Cuancy. P. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 Issue 2.

Wibiarani, S. 2018. Penggunaan Busy Book dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini di Era Milenial. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD. 2 Desember. 11–14.

Wulansari & dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Pengenalan Membaca Permulaan Melalui Permainan Tebak Kata Pada Anak Kelompok B Tk/Ra Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. 1–5.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Sihombing, H. A. ., & Damanik, S. H. . (2024). PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMMANUEL KIDS MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16649–16656. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38072

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.