PERAN PLAY THERAPY UNTUK MENGATASI BURNOUT BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI RA AISYATUR RIDHO UJUNG GODANG
Keywords:
Play Therapy, Burnout, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran play therapy dalam mengatasi burnout belajar pada anak usia dini di RA Aisyatur Ridho Ujung Godang. Burnout belajar merupakan kondisi psikologis yang ditandai oleh kelelahan emosional, penurunan motivasi, dan perasaan tidak kompeten yang dialami anak akibat tekanan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa play therapy mampu membantu anak mengekspresikan emosi, mengurangi stres, dan meningkatkan motivasi belajar. Dengan melibatkan aktivitas bermain yang terstruktur dan terarah, anak-anak dapat membangun kembali keseimbangan emosional mereka. Wawancara dengan guru, orang tua, dan kepala sekolah juga mengungkapkan adanya perubahan positif pada perilaku anak setelah mengikuti play therapy.References
Azzuhdi, M. muhyiddin, dan Al Amin, H. (2024). Tekanan Stres Anak dalam Keluarga Pasangan Pernikahan Dini (Studi Kasus Di Desa Godean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk). Journal Sains Student …, 2(3), 772–784. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/1487%0Ahttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/download/1487/1369
Bratton, S. C., Ray, D. C., Rhine, T., & Jones, L. (2022). The efficacy of play therapy with children: A meta-analytic review. International Journal of Play Therapy.
Hidayati, R. W., Sari, I. W. W., Azizah, F. N., dan Rukmi, D. K. (2023). Implementasi Terapi Relaksasi pada Kenyamanan dan Burnout Ibu dengan Anak Pra-Sekolah di TK Gunung Jati. Amare: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 2–7.
Landreth, G. L. (2020). Play Therapy: The Art of the Relationship. Routledge.
Lestari, A., dan Nugroho, B. (2023). Peran Play Therapy dalam Mengurangi Gejala Burnout pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45-55.
Munisa, M., Lubis, S. I. A., dan Nofianti, R. (2022). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa). Warta Dharmawangsa, 16(3), 358–364. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2230
Prasetyo, R. (2021). Pengaruh Play Therapy terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(3), 88-97.
Rahmawati, S. (2022). Studi Play Therapy: Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Ilmu Psikologi, 9(4), 200-210.
Ray, D. (2021). Advanced Play Therapy: Essential Conditions, Knowledge, and Skills for Child Practice. Routledge.
Ritonga, R. S., Nofianti, R., Arifin, D., dan Patuzahra, S. (2024). Efektivitas Play Therapy dalam Pengendalian Emosi Anak Usia. Jurnal Konseling Komprehensif, 19–26.
Salmela-Aro, K., dan Upadyaya, K. (2020). School burnout and engagement: The role of academic demands and resources. Journal of Educational Psychology.
Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., dan Bakker, A. B. (2019). Burnout and engagement in school settings: A review. Educational Psychology Review.
Widya, R., Putri, E., dan Hutabarat, S. (2024). Religious Character Building In Early Childhood Through Independent Learning. The International Conference on Education, Social Sciences and Technology, 3(137), 166–173.
Zahra, F., dan Lubis, S. I. A. (2023). Pengasuhan Orang Tua Karir dan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Desa Sihepeng Dua Mandailing Natal. Journal on Teacher Education, 5(2), 40–46. www.oapub.org/soc
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatimah Eni, Ristra Sandra Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.