ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SOSIAL SISWA KELAS III SD SWASTA HKBP 2 SIDORAME MEDAN DALAM PEMBELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51082Keywords:
Understanding, Social, Students, Social StudiesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman sosial siswa kelas tiga SD PRIVATE HKBP 2 Sidorame Medan dalam konteks pembelajaran IPS. IPS merupakan mata pelajaran penting dalam pendidikan dasar yang mempersiapkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat dengan memahami nilai, norma, dan interaksi sosial. Data dikumpulkan melalui observasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep sosial dan perilaku sosial mereka di kelas menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki pemahaman yang baik tentang konsep sosial seperti kerja sama, rasa hormat, dan interaksi sosial. Namun, beberapa siswa masih menunjukkan keengganan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya, seringkali karena rasa malu dan kurang percaya diri. Hal ini juga terlihat pada sesi tanya jawab, di mana hanya sedikit siswa yang merespons dengan cepat, menunjukkan bahwa keterampilan sosial dan pengembangan kepercayaan diri memerlukan perhatian lebih lanjut. Kesimpulannya, meskipun siswa menunjukkan pemahaman kognitif yang memadai terhadap materi IPS, aspek afektif dan sosial perlu diperkuat untuk memastikan penerapan pengetahuan sosial yang efektif dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan dengan menyoroti pentingnya mengintegrasikan pengembangan keterampilan sosial ke dalam pengajaran ilmu sosial, sehingga tidak hanya menumbuhkan pengetahuan tetapi juga perilaku sosial yang positif dan pembentukan karakter pada siswa sekolah dasar.References
Akuba, M. (2023). Konsep Penanaman Sikap Sosial Pada Siswa Melalui Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Education And Teaching Learning, 1(1), 21–26. Https://Doi.Org/10.59211/Mjpjetl.V1i1.13
Ferawati, M. Idris, & D.B. Irawan. (2023). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 7(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.23887/Pips.V7i1.2464
Jungermann, S. (2023). Kartellrecht. Innovative Rechtsberatung, 7, 111–114. Https://Doi.Org/10.34156/978-3-791-05795-8_13
Parni, Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2020). Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(2), 96.
Qomariyah, R. S., Ibtihal, K. A., Cahyati, R. D., & ... (2022). Pengaruh Ilmu Pendidikan Sosial Untuk Siswa Sd Di Lingkungan Sekolah. … : Jurnal Pendidikan …, 2, 95–100.Http://Journal.Unigha.Ac.Id/Index.Php/Ee/Article/View/1010%0ahttps://Journal.Unigha.Ac.Id/Index.Php/Ee/Article/Download/1010/916
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Sekolah Dasar Journal Homepage: Http://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Muallimuna. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/222455-Kedudukan-Ilmu-Pengetahuan-Sosial-Ips-Pa.Pdf
Ramadhani, S., Nursalam, N., & Madani, M. (2022). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri. Gema Wiralodra, 13(1), 181–197. Https://Doi.Org/10.31943/Gw.V13i1.214
Salsabila, N., Nadella, N., Nazhira, N., Andini, N., & ... (2024). Pembelajaran Ips Dalam Pendidikan Karakter Anak Sd/Mi. Journal On …, 06(04), 20460–20465. Https://Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/View/6149
Yusnaldi, E., Damayanti, L., Irfani, S. Y., & Prastiwi, T. S. (2023). Pentingnya Penanaman Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30407.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gisela Agita Sofia , Siti Hawaliah Hasibuan, Driana Stefani Tambunan, Denny Hairunisia Putri, Michael Sitorus, Khairunnisa Khairunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




