ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SWASTA EFRATA KEC. MEDAN BARU

Authors

  • Sarah M Pane Universitas Negeri Medan
  • Suri Handayani Damanik Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44522

Keywords:

Kemampuan Menyimak, Media Audio-Visual.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan media audio-visual di TK Swasta Efrata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari dua anak yang menunjukkan kesulitan dalam kemampuan menyimak. Indikator yang diteliti meliputi mendengarkan, memahami, menginterpretasikan, mengevaluasi, dan menanggapi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, penggunaan media audio-visual memberikan dampak positif terhadap kemampuan menyimak anak-anak, terutama pada indikator menginterpretasikan. Indikator ini terbukti memiliki pengaruh yang paling signifikan karena melalui media audio-visual yang ditonton, anak-anak dapat menghubungkan pengalaman yang pernah mereka alami dengan materi yang baru saja mereka lihat. Proses ini memungkinkan anak-anak untuk lebih mudah memahami dan menginterpretasikan informasi yang disampaikan. Namun, meskipun media audio-visual memberikan pengaruh positif, kemampuan anak-anak untuk mendengarkan dan mempertahankan fokus masih perlu perhatian khusus, terutama dilingkungan yang penuh dengan gangguan. Oleh karena itu, diperlukan upaya dari guru untuk menciptakan suasana yang kondusif dan memberikan pengawasan selama pemutaran video agar anak-anak tetap fokus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media audio-visual sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak, khususnya dalam aspek menginterpretasikan isi video.

References

Anggraini, E. S. (2022). Membangun komunikasi efektif verbal dan non verbal dalam pembelajaran anak usia dini di kelurahan negeri baru. Jurnal Usia Dini, 8 (1), h.26-33. https://pdfs.semanticscholar.org/e1f9/009546525ff8e8fe71bf6faa0a95b45066f1.pdf.

Askarman. 2020. Menyimak Efektif. Bayumas: Luthfi Gilang.

Damanik, S.H & Limbong, C. 2023. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Tanjung Morawa. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 9 (1), h. 38-45. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/PAEDAGOGI/article/view/45335.

Dewi, R. C., & Hidayati, I. (2024). Youtube Video as A Media to Improve English Vocabulary Mastery of Children Aged 4–6 Years at Bina Jaya Kindergarten. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 113-129. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/11598.

Emara, A. Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 13(5), 922-930.Hamzah. 2022. Media pembelajaran. Makasar: Badan penerbit UNM. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/78550/75676602354.

Fatmadani, S., & Handayani, P. H. (2024). Analisis kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun dari keluarga dengan orang tua single perent dilingkungan dwikora medan Helvetia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP),7(4), 18951-18956. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/40423.

Hafrianti, D. N. Wahyuningsih, S., & Sholeha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Whole Brain Teaching. Kumara Cendekia, 8(4), 402. Https://Doi.Org/10.20961/Kc.V8i4.45369

Hardani, dkk. 2020 Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup.

Hasriani. 2023. Terampil menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group.

Kurniawan, H., & Kasmiati. 2020. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Banyumas: Rizquna.

Kemendikbud. (2024). Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024, 1–26

Ningrum, I. L. (2021). Pengaruh Media Lift the Flap Book Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13 (1). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/100923/

Nursofiza, N., Eliyana, E., & Hamdani, M. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Media Audio Visual Kelompok Usia 5-6 Tahun di Tk Alam Anak Negeri Tahun Ajaran 2023/2024. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1203-1217. https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/nusra/article/view/3143.

Octivasari, F., & Nasriah, N. (2021). Pengaruh Mendongeng Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ibnu Al–Akbar Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 6(1), 14. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/23209.

Oktariana, Riza. 2020. Analisis Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B TK Bungong Seuleupok Syiah Kuala Banda Aceh Berbantukan Media Audio Visual. Jurnal Buah Hati,7 (2), h. 224-236. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/1169.

Rahma, A., Aprilia, P. D., Nuari, P. A., Rahmadian, R., Fatmawati, R. F., & Lestari, S. A. (2022). Aspek kemampuan menyimak anak usia dini. Jurnal Paud Emas, 1(2), 18-27. https://mail.online-journal.unja.ac.id/jpe/article/download/18875/13529.

Rahman, H. (2019). Menyimak & Berbicara Teori dan praktik. Sumedang: ALQAPRINT JATINANGOR - Anggota Ikapi

Rahmi, Putri, dkk. 2022. Media Pembelajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Riska, Ully, dkk. 2022. Analisis penggunaan media audio visual dalam menstimulasi kemampuan menyimak anak kelompok b di TK al washliyah alue naga Banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3 (1). h.1-14. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/441/340.

Silaban, L. B., & Eza, G. N. (2024). Development of AudioVisual Media to Introduce Shapes and Colors in English to Children Aged 5-6 Years in Kindergarten Kasih Bapa Percut TA 2023/2024. Indonesian Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 107-120. https://journal.formosapublisher.org/index.php/nurture/article/view/9421.

Sihombing, H. A., & Damanik, S. H. (2024). Pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di tk immanuel kids medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16649-16656. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/38072.

Srinahyanti, & Widya Sari, W. 2019. Perkembangan Bahasa anak usia dini. Medan.

Sugiyono. 2021. Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Yogyakarta: Alfabeta bandung.

Sukma, Hanum Hanifa, & Saifudin, M. Fakhrur. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Sumarno. (2020). Langkah-langkah Media Audio Visual. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2018. Pendidikan anak usia dini (konsep dan teori). Jakarta:PT Bumi aksara.

Syamsuardi, Musi, dkk. 2022. Metode Storytellingdengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak danBerbicara Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), h. 163-172. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1196.

Bandung. AngkasaVictoria, H. D., Anggraini, E. S., Wulan, D. S. A., Simare-mare, A., & Sinaga, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Mini Teater terhadap Keterampilan Komunikasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Karunia Medan Johor. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 307-320. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Hardik/article/view/832.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena: Yogyakarta.

Yanti, S. (2022). Pemanfaatan Loose Parts Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JGK (Jurnal Guru Kita), 6(3), 189-193.

https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Zt-xldgAAAAJ&citation_for_view=Zt-xldgAAAAJ:Tyk-4Ss8FVUC.

Yus, Anita & Saragih, P. C. (2023). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1509-1517. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13376.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Pane, S. M., & Damanik, S. H. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SWASTA EFRATA KEC. MEDAN BARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4203–4210. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44522

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)