PERBEDAAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI LAGU EDUKATIF DI TK KATRYN VICTORY SIGALINGGING

Authors

  • Posta Simarmata Universitas Negeri Medan
  • Anada Leo Virganta Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50256

Keywords:

Lagu Edukatif, Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di melalui lagu edukatif TK Katryn Victory Sigalingging. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini adalah anak yang berusia 5-6 tahun di TK Katryn Victory Sigalingging yang berjumlah 13 anak. Data dikumpulkan menggunakan tes dengan kartu bergambar dan direkap menggunakan indikator penilaian.Data yang telah diperoleh kemudian dilakukan uji normalitas kemudian uji hipotesis dengan melakukan uji t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada 13 anak setelah diberikan perlakuan melalui lagu edukatif. Rata-rata pretest diperoleh yaitu 43,38% termasuk dalam kategori “Kurang” sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Setelah diberikan perlakuan dengan lagu edukatif Open Shut Them #2, diperoleh hasil rata-rata posttest meningkat menjadi 86,54% dan dikategorikan “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata pretest mengalami peningkatan terlihat dari hasil posttest hal ini menunjukkan bahwa lagu edukatif memberikan perbedaan signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak.

References

Afiffah, S. H., Respati, R., & Hidayat, S. (2022). Peran Lagu Anak Terhadap Penanaman Nilai Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 38. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1004

Amanda, C. T., Widayat, A. R., Aimanah, F. U., & Novitayanti, S. (2023). Hakikat dan karakteristik bahasa pada anak usia Sekolah Dasar. Innivative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 11154–11165.

Aziz, M. R., & Devi, W. S. (2024). Membangun Pilar Bahasa : Metode Efektif Memperluas Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. 2349–2353.

Bate’e, M., & Hertiki. (2024). In- Service Teachers ’ Perception on the Use o f English Children ’ S Song to Enhance Vocabulary for Early Childhood. 7(2), 186–196.

Destiana, E. (2024). Songs As A Means To Convey Education Messages For Early Childhood Students. European Journal of Higher Education and Academic Advancement, 1(2), 326–329. https://doi.org/10.61796/ejheaa.v1i2.361

Dewi, R. C., Septi, D., Wulan, A., Khairani, A., Zanna, L. R., & Education, C. T. (2025). Phonological , syntax , semantic , and morphemic acquisition in children aged 4-5 years at daycare and. 12(1), 41–54.

Diputera, A. M. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful , Mindful dan Joyful : Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. December. https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.67168

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Hawa, Faiza., Sukmaningrum, R., & Setyaji, Arso. (2023). Dampak Penerapan Educative Song Dalam Pembelajaran Bahasa Inggis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 146–160. https://doi.org/10.24903/jw.v8i2.1373

Fasha, A. K., Na’imah, N., & Suyadi, S. (2023). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tk Kids Garden Al-Mabrur Bandung. Jurnal Usia Dini, 9(3), 391. https://doi.org/10.24114/jud.v9i3.55413

Fatimah, F. N., Larasati, S. A., Aulia, P., & Lubis, H. Z. (2024). Penerapan dan Dampak Bernyanyi di Kelas pada Anak Usia Dini di TK IT Nurul Ilmi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 180–186. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=w4NpRyIAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=w4NpRyIAAAAJ:QIV2ME_5wuYC

Gusti, G. P., Yuliarto, R. T., Zaini, M., & ... (2022). Pengaruh Bernyanyi Terhadap Kemampuan Anak Untuk Mengingat Setiap Kosakata Bahasa Inggris. Indonesian …, 2(1), 32–39. http://jurnal.permapendis.org/index.php/icon/article/view/198

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Husin, S. H., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581–595. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780

Kamtini, K., & Sitompul, F. A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Khairun Nisa, N., Prayogo, B. H., kunci, K., Bernyanyi, M., Bahasa, P., & Usia Dini, A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Bougenvile 90 Rambipuji Jember. Jecie, 3(1), 2599–2759.

Komang, N., Febrina Subagia, T., Made, N., Suryaningsih, A., & Prima, E. (2023). Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Prosiding Sintesa (Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora), 6(2023), 833–839. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2840

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47–56. https://doi.org/10.33087/JIUBJ.V17I3.401

Mabruri, Z. K. (2021). Pengelolaan Bahasa Untuk Pembelajaran Di Indonesia. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1078–1085. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1609

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Matun, N. A., & Rahmawati, Z. N. (2023). A Relevance of Learning a Foreign Language for an

Nabilah, K. Z., Rahmawati, F. P., & Triyono, A. (2024). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa indonesia peserta didik kelas iv melalui strategi crossword. 10(2), 927–938.

Nation, I. S. P. (2001). Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge University Press.

Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1), 79–92. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/widyacarya/article/view/555

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Afabeta. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Sulu, W. D. (2024). Adventures In English For Young Learnes. Yogyakarta: Penamuda Media.

Syafridah. (2018). Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora Vol. 4 No. 2, Juni 2018 |437. 4(2), 437–449.

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Triasningrum, F. W., & Mumpuni, Y. (2024). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ( KB ) Salma Ceria School Semarang. 4, 12759–12769.

Utami, R., Ritonga, S. A., & Yulizar, I. (2024). Pengaruh media lagu terhadap penguasaan kosa kata bahasa inggris di kb permata bunda kecamatan Rantau Selatan 1. 2 (2) 16–25.

Virganta, A. L. (2023). Permainan pola ritme musik berbasis budaya sebagai upaya stimulasi kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun. Jurnal bunga rampai usia emas, 9(1), 41. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47898

Virganta, A. L., Kamtini, K., Nurmaniah, N., & Tanjung, S. H. (2020). Learning Model Based on Multiple Intelligence in Stimulating Musical Intelligence in Children. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (Birle) Journal, 3(4), 2015–2023. https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1432

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Simarmata, P., & Virganta, A. L. (2025). PERBEDAAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI LAGU EDUKATIF DI TK KATRYN VICTORY SIGALINGGING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7439–7444. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50256

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.