PENGELOLAAN PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI RA DARUL IKHLAS LUBUK PAKAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44913Keywords:
Pelaksanaan Ekstrakurikuler seni tari, kecerdasan fisik motorik, kognitif, bahasa sosial EmosionalAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Desktriptif yang bertujuan untuk mendeksripsikan Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari yang dilakukan guru untuk mengembangkan aspek seperti Perkembangan fisik motorik, kognitif, bahasa sosial Emosional pada anak. Ekstrakurikuler Seni Tari adalah salah satu kegitan yang ditujukan dalam mengembangkan potensi anak, kegiatan ekstrakurikuler mampu untuk memenuhi kebutuhan anak yang berbeda-beda. Berbagai aspek perkembangan anak harus dikembangan, keterampilan fisik motorik salah satu yang harus distimulasi dengan cara menari. Dimasa usia dini metode melatih keterampilan motorik kasar adalah gerak tari. Dalam kegiatan seni tari melatih anak untuk berimajinasi, berkreasi, dan berekspresi serta pengungkapan melalui gerakan tanpa arah. Tari juga mempengaruhi sistem syaraf kinestetik. Subjek penelitian merupakan 2 orang guru wali kelas di RA Darul Ikhlas Lubuk Pakam. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Ekstrakurikuler Seni Tari adalah salah satu kegitan yang ditujukan dalam mengembangkan potensi anak, kegiatan ekstrakurikuler mampu untuk memenuhi kebutuhan anak yang berbeda-bedaReferences
Dewi, S., & Supendi, E. (2023). Proses Penciptaan Karya Tari Unbalanced. Greget, 22(2), 139–149. https://doi.org/10.33153/grt.v22i2.5426
Diputra, A. M., Sehulina, R., Mardini, S., Viana, S. A., Fariza, D., & Meriska, E. (2023). Penerapan Instrumen Asesmen Perkembangan Fisik Motorik Usia 5-6 Tahun Di Paud Gudiseju. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(5), 308–314.
Elvita, Y., Ali, H. A., Adripen, A., & Asmendri, A. (2023). Analisis Perencanaan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MANAPI), 2(1), 39. https://doi.org/10.31958/manapi.v2i1.9343
Fitriani, F. (2020). Pendidikan Kearifan Lokal Untuk Anak Usia Dini Melalui Tari Ranup Lampuan Pada Anak Di Tkit Athfal Al Qur’Aniyyah Kota Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 7(2), 152–168. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1182
Hilda zahra lubi, M. Pd & Nuryati, M. P. (2021). Seni Tari Untuk Anak Usia Dini. Media Edukasi Indonesia.
I Gede Tilem Pastika, & Sukerni, N. M. (2022). Strategi Pembelajaran Tari Bali pada Anak Usia Dini di Sanggar Taman Giri Agung Denpasar. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 24–39. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1771
Kamtini, U. (2018). Pengaruh Seni Tari Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 1 Medan T.A 2017/2018. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 12–17.
Marbun, S., & Nurhayatun, S. (2023). Penggunaan Media Flashcard Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal), 9(1), 54. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45327
Novi Mulyani, M. P. I. (2016). Pendidikan seni tari anak usia dini. Gava Media.
Pitria, Y., & Damanik, S. H. (2024). ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NUR GUNTING SAGA. JPP PAUD FKIP Untirta, 11(November 2024), 117–122.
Prof. Dr. Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabar. M. (2019). Evaluasi Progarm Pendidikan. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA,CV.
Utami, W. T., Yeni, I., & Yaswinda, Y. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Taman Kanak-kanak Sani Ashila Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.87-94
Yus, A. (2018). Konsep Asesmen, Evaluasi dan Kaitannya dengan Pembelajaran. Pustaka.Ut.Ac.Id, 1–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amelia Putri, Isa Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




