ANALISIS PERAN GURU DALAM MENANGANI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KARANG BARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.44000Keywords:
Peran Guru, Perilaku Tantrum, Metode PenangananAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana cara guru menangani perilaku tantrum yang terjadi pada siswa di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru yang berjumlah 2 siswa dari keseluruhan siswa yang berjumlah 33 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru yang bertugas di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru. Yang menjadi objek dalam penelitian ini merupakan bagaimana peran guru dalam menangani perilaku tantrum anak usia 5-6 tahun di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru. Berdasarkan hasil temuan peneliti, dari lima metode yang dapat digunakan guru dalam menangani perilaku tantrum anak, hanya tiga metode saja yang digunakan oleh kedua guru yang ada di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru yaitu mendiamkan anak (ignore), mengarahkan (redirecting), dan mengeluarkan anak dari kelas (exiting). Kedua guru dapat menangani perilaku tantrum pada anak di kelas B2 dengan baik walaupun memilih metode yang berbeda dalam upaya guru menangani tantrum. Dengan metode yang digunakan oleh guru, diharapkan dapat menangani perilaku tantrum pada anak dengan baik. Guru dapat mencoba beberapa metode lain yang dapat digunakan dalam menangani perilku tantrum pada anak di kelas B2 sehingga dapat menemukan metode yang lebih tepat dan cepat dalam penanganan tantrum.References
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan dan Dakwah.
Dewi, A. R. (2022). Peran Layanan BK AUD Dalam Menangani Anak Tantrum.
Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Fithriyah, I., & dkk. (2019). Mengatasi Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR.
Kurniawati, L., & Utama, A. A. (2023). Perilaku Tantrum pada Anak Usia Dini di TK ABA Sumbawa. Jurnal Pendidikan Mandala.
Listia, W. N., Sari, W. W., & Wulan, D. S. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar di PAUD. Medan.
Nurfadilah, M. F. (2021). Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini Untuk Mengatasi Temper
Tantrum Pada Anak. Jurnal Pendidikan.
Rifdatul, & dkk. (2021). Analisi Penyebab Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 52 Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 38.
Tanjung, S. H., Kamtini, & Damanik, S. H. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dengan Pendekatan Saintifik dalam Menstimulasi Kecerdasan Spasial Anak Usia Dini. Al Abyadh, 16.
Yus, A., & Sari, W. W. (2020). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sicha Cahya Fitri , Suri Handayani Damanik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.