ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGHADAPI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK DENGAN DIAGNOSA AUTISME DI TK KARUNIA MEDAN JOHOR

Authors

  • Devina Lumban Tobing Universitas Negeri Medan
  • Suri Handayani Damanik Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43460

Keywords:

Autisme, Perilaku Tantrum, Peran Guru

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk  mendeskripsikan  perilaku tantrum anak dengan diagnosa autis di TK Karunia Medan Johor serta Peran yang diberikan oleh guru dalam menghadapi perilaku tantrum anak dengan diagnosa autis di TK Karunia Medan Johor. Perilaku tantrum merupakan ledakan emosi atau luapan kemarahan yang dilakukan oleh anak, hal ini dapat diatasi dengan peranan guru yang dimana peran guru merupakan tugas atau tanggung jawab yang diemban oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran dan pengembangan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang anak dengan diagnosa autis serta subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku tantrum yang terjadi pada anak yaitu, tantrum manipulatif, frustasi verbal serta tantrum tempramental. Peran yang diberikan yaitu sebagai pembimbing dimana guru membantu anak-anak mengelola emosi, fasilitator yang berperan membantu anak-anak mengelola emosi, mediator yaitu sebagai penengah serta motivator yang berperan memberikan pujian serta dorongan kepada anak.

References

Alitani, M. B. (2018). Pengaruh Metode Social Story Terhadap Penurunan Temper Tantrum Pada Anak Dengan Gangguan Autism Spectrum Disorder. Forum Ilmiah, 15(September), 483–498.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

Damanik, S. H., Eza, G. N., Sinaga, R., Diputra, A. M., & Ramadhani, R. (2021). Pelatihan Kurikulum 2013 Terhadap Guru Paud. Jurnal Usia Dini, 7(1), 12.

Dian, S., & Mojokerto, H. (2022). Efektifitas Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia 3-4 Tahun Pendahuluan Pola Asuh Merupakan Suatu Sistem Atau Cara Pendidikan Dan Pembinaan Yang Diberikan Oleh Orang Tua Kepada Anaknya . Jadi , Pengasuhan ( Parenting) Anak Ada. 13, 18–26.

Firdaus, F., & Santy, W. H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tantrum Pada Anak Autis. Medical Technology And Public Health Journal, 4(1), 55– 60.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356.

Nurfadhillah, S., Syariah, E. N., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebetuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn 3 Cipondoh. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3, 459–465.

Siron, Y., Nuranti, B. M., & Adela, R. (2021). Mendidik Anak Autism Spectrum Disorder (Asd) Di Kelas Reguler: Tantangan Dan Kendala Guru. Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, 12(2), 97–116.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Landasan Teori dan Prinsip Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsuddin. (2013). Mengenal Perilaku Tantrum Dan Bagaimana Mengatasinya Understanding Tantrum Behavior And How To Solve It. Informasi, 18(02), 73–82.

Virganta, A. L., Kamtini, K., & Novitri, D. M. (2021). Pendampingan Guru Dalam Penggunaan Alat Permainan Edukatif Berbasis Enam Aspek Perkembangan Anak Di TK Salsa. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(2), 44.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Tobing, D. L., & Damanik, S. H. (2024). ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGHADAPI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK DENGAN DIAGNOSA AUTISME DI TK KARUNIA MEDAN JOHOR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19403–19408. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43460

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.