PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-ANAK TERHADAP PENGETAHUAN SEKS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RAUDHATUL ATHFAL KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Annisa Nadila Putri Universitas Riau
  • Ria Novianti Universitas Riau
  • Enda Puspitasari Program Studi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1866

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Pengetahuan Seks

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa pengetahuan seks pada anak usia 5-6 tahun, masih banyak yang belum mengetahui cara berpakaian yang sopan dan bagian tubuh mana yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain. Anak dapat mengetahui pengetahuan seks dengan cara melakukan komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap pengetahuan seks pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Raudhatul Athfal, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini bersifat korelasi. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di TK Raudhatul Athfal, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Sampel yang digunakan sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner dan tes. Teknik analisa data menggunakan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap pengetahuan seks pada anak usia 5-6 tahun di TK Raudhatul Athfal Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar mengarah ke hubungan yang positif. Persentase pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap pengetahuan seks pada anak usia 5-6 tahun adalah sebesar 48,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Author Biographies

Annisa Nadila Putri, Universitas Riau

Program Studi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Ria Novianti, Universitas Riau

Program Studi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Enda Puspitasari, Program Studi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Universitas Riau

References

Sugiyono. 2017. Statistika untk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Agus M. Hardjana. 2003. Komunikasi interpersonal dan intrapersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Amina Erni. 2017. Komunikasi Interpersonal Keluarga Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia 1-5 Tahun. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(1).

Devin Saputra, Rezi Erdiansyah. 2019. Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua Dengan Anak†dan Pengetahuan Tentang Seks Terhadap Perilaku Seks Remaja Siswa SMA Jakarta Pusat. Jurnal Ilmu Komunikasi 3 (1)

Muslik Nawita. 2013. Bunda, Seks itu Apa. Bagaimana Menjelaskan Seks Pada Anak. Bandung: Yrama Widya.

Nisa Syarifatulinsyah dan Syarip Hidayat. 2020. Kajian tentang Komunikasi Orang Tua dalam Pendidikan Seks untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.7 (2)

Ria Novianti dan Ilga Maria. 2020. Pendidikan Keorangtuaan. Bandung: Ellunar

Ria Novianti. 2018. Orang Tua Sebagai Pemeran Utama Dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak. Jurnal Educhild. 7 (1)

Vevy Liansari. 2017. Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Usia Dini dengan Speech Delay di TK Aisiyah Rewwin Waru. Jurnal ilmu komunikasi. 5 (2)

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo

Yenny Okvitasari. 2018. Hubungan Orang Tua Sebagai Pendidik Dengan Pemberian Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Di TK. Jurnal Healty-Mu. 2 (1)

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Putri, A. N., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-ANAK TERHADAP PENGETAHUAN SEKS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RAUDHATUL ATHFAL KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 114–126. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1866

Most read articles by the same author(s)