PENGARUH E-BOOK AUDIO BAHASA BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30462Keywords:
Kemampuan Menyimak, E-Book Audio, E-Book Audio Berbasis Gamifikasi.Abstract
Kemampuan menyimak anak di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru masih perlu ditingkatkan, karena masih terdapat beberapa anak yang masih belum berkembang pada kemampuan menyimak oleh karena itu diperlukannya e-book audio bahasa berbasis gamifikasi. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai adakah pengaruh e-book audio bahasa berbasis gamifikasi terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru usia 5-6 tahun yang berjumlah 108 orang. Sampel penelitian adalah 18 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian yaitu data primer melalui lembar observasi. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak dilihat dari skor perolehan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data Thitung 14,662 lebih besar ttabel 2,110, kemudian berdasarkan uji gain terdapat pengaruh yang cukup signifikan dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru sebesar 69,26% dengan kategori sedang.Downloads
Published
2024-06-28
How to Cite
Nisa, L. ., Puspitasari, E. ., & Risma, D. . (2024). PENGARUH E-BOOK AUDIO BAHASA BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8722–8732. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30462
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Lutfiatun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.