STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI DI RA AL-WASHLIYAH SIPARE-PARE TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45670Keywords:
Strategi guru, disiplin, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin anak usia dini di RA Al-Washliyah Sipare-Pare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan anak/siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data sampai kepada penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin anak usia dini di RA Al-Washliyah Sipare-Pare Tengah dilakukan yaitu dengan beberapa cara. Pertama, guru memberikan pengarahan ataupun pemberitahuan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di kelas, tahap ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak. Kedua, Guru selalu menghargai anak dan memberikan apresiasi berupa pujian, hadiah bagi yang berprestasi atau tepuk tangan sehingga anak merasa lebih percaya diri dan gembira, tahap ini juga bertujuan untuk membangun kepercayaan diri anak. Ketiga, Guru memberikan tepuk-tepuk dan nyanyian untuk mengondisikan anak yang gaduh sehingga anak dalam keadaan tenang untuk menerima pembelajaran. Keempat, Guru memberikan peringatan, teguran, kemudian pengertian kepada anak yang tidak patuh pada aturan. Kelima, Guru menerapkan recalling sebelum pulang sekolah yang bertujuan agar anak mampu mengingat dan menjadikan peringatan yang diberikan oleh guru sebagai pelajaran untuk tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di lain waktuReferences
Atmaja Purwa Prawira, 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Asmidar Parapat, dkk. 2023. Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Taman Kanak- Kanak. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Auerabach, C.F dan Silvertein, L.B, 2003 Qualitative Data: An Introduction to Conding and Analysis. New York University Press.
Bungin Burhan. Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada. 2010.
Bahri Syaiful Djamarah, 2012. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:Pt Rineka.
Depdiknas, UU Nomor 14 tahun 2005, 2021. tentang hak dan kewajiban guru Dewa Putu dkk. “Metode pembelajaran Guru”. Penerbit: Yayasan Kita Menulis
Foorqan M Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Penerbit:Yuma Pustaka.
Hasanah, H. 2016. Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/download/1163/9
32.
Junanto, S., dan Kusna, N. A. A.2018. Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP).
Kusuma Dharma dan kk, 2012. Pendidikan Karakter kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Penerbit: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Kementrian Agama RI. 2010. Al-qur’an dan terjemah. Bandung: Penerbit Marwah.
Kurniawan Syamsul. 2014.Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar- Euzz Media.
Munisa, dkk, 2024. Kesiapan Sekolah Anak dalam Perspektif Psikologi. Medan: PT.
Serasi Media Teknologi.
Rahayu Dwi Utami. 2022. Implementasi Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 5-6
Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan di PAUD Harapan Mandiri Kecamatan
Medan Deli Kota Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling: Volume 4 Nomor 6
Rika Widya, dkk.2020. Holistik Parenting, Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam. Jawa Barat: Edu Publisher.
Sukmadinata, S.N.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosda Karya. Zannatunnisya, dkk. 2023. Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini (Integrasi Nilai Spiritual). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wiwik Eka Hamdani, Ismaraidha Ismaraidha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.