ANALISIS PENERAPAN LITERASI KESEHATAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SITI SAWIAH BAITUSSALAM PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22640Keywords:
Literasi Kesehatan, PAUD, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan literasi kesehatan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Yayasan Siti Sawiah Baitussalam Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Permasalahan yang diteliti adalah pemahaman terhadap kesehatan bagi anak usia dini di PAUD Siti Sawiah Baitussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari program penerapan literasi kesehatan bagi anak usia dini melalui pembiasaan literasi kesehatan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan Program penerapan literasi kesehatan berfokus pada perilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari di rumah, mencuci tangan menggunakan sabun, istirahat yang cukup, beolahraga, dan tata cara bersin dan batuk yang benar dihadapan orang serta dilakukan secara terencana dan sistematis. Anak-anak murid juga sangat menyukai dengan adanya program penerapan literasi kesehatan melalui pembiasaan literasi kesehatan sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal .References
ALwalluddin 2017, Hubungaln Staltus Gizi dengaln Halsil Belaljalr Siswal Kelals 1 SD Negeri 5 Balndal ALceh. Jurnall Pesonal Dalsalr, 5 (2)
Bugin, Burhaln. (2012). Penelitialn Kuallitaltif. Jalkalrtal: Kencalnal Prenaldal Gralfikal
Kesumal, ALristrialnal. (2015). Falktor-falktor yalng berhubungaln dengaln perilalku kesulitaln malkaln alnalk pralsekolalh. https://medial.neliti.com/medial/publicaltions/186035-ID-falktor-falktor-yalng -berhubungaln-dengaln-pe-pdf
Malrdhialti, R. (2019). Guru PALUD: Pendidikaln Perilalku Hidup Bersih daln Shealt ALnalk Usial Dini. IKRAL-ITH ALBDIMALS, 2 (3), 133-141
Nurjalnalh. (2016). Heallth Literalcy Paldal Malhalsiswal Kesehaltaln Sebualh Indikaltor Kompetensi Kesehaltaln yalng Penting, VisiKes Jurnall Kesehaltaln Malsyalralkalt, 15(2), pp. 135-141.
Paldmaldewi&ALrtini. (2018). Literalsi di Skeolalh, dalri teori ke pralktik. Balndung: Nilalckalral
Ralmaldhaln. (2017). Tingkalt Literalsi Kesehaltaln Paldal Kelualrgal Penderital Penyalkit Dialbetes Mellitus di RSUD Dr. M. Soewalndhie Suralbalyal, Universitals ALirlalnggal, ALvalilalble alt: http://repository.unalir.alc.id/69068/3/Jurnall_Fis.IIP.06%2018%20Ralm%20t.pdf
Setyalwaln, Ibnu ALji. (2018). Kupals Tuntals Jenis daln Pengertialn Literalsi. Retrieved from: htpps://guru.digitall.id
Speirs. (2012). Heallth Literalcy alnd nutrition behalviors almong Low-income aldults. Journall of Heallth Calre for the Poor alnd Underserved 23 (2012): 1082–1091.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitialn Daln Pengembalngaln Resealrch Daln Development. Balndung: Allfalbeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sari Maulida Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.