IMPLEMENTASI METODE QIRO’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN MANULA MAJELIS TA’LIM LALUNG KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33809Keywords:
Implementasi, Fasih, Al Qur’anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisa implementasi, kelebihan dan kekurangan serta alasan metode qiro’ah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran manula pada Majelis Ta’lim Lalung Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengajar dan masyarakat di Manula Majelis Ta’lim Lalung Karanganyar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah Implementasi metode Qiro’ah di Majleis Ta’lim Lalung Karanganyar dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan merupakan metode yang sesuai dengan manula yang belajar membaca Al-Qur’an (dalam hal ini orang dewasa yang kembali belajar membaca Al-Qur’an). Kelebihan dari metode Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’ah di Majelis Ta’lim Manula Lalung Karanganyar adalah Menggunakan media gambar, Seimbang penguasaan huruf, Langsung praktek ilmu tajwid, ghorib, makhorijul huruf, Fleksibel mengajarkanya, Cocok untuk semua umur, Bukunya berkualitas, Bisa diajarkan secara privat dan klaksikal, Bersetifikat bagi guru yang sudah mengikuti TOT (Training Of Tutor), Target jelas dan terukur (12 x pertemuan @ 60 menit), Lancar karena pemberian materi diulang ulang, Diajarkan motivasi dan hikmah, Dinul Islam, Doa Harian, Prinsip Pencari ilmu dan Doa Khotmil Qur’an. Adapun kekurangan metode qiro’ah adalah bukunya masih terbatas, Minimnya guru yang profesional di bidangnya, Rasio guru dengan santri yang tidak memadai atau kurang proposional, Minimnya jumlah guru yang mememiliki sertifikat metode Qiro’ah, Membutuhkan dana yang besar untuk mengadakan evaluasi, khataman dari Yayasan pusat metode Qiro’ah. Metode Qiro’ah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada masyarakat manula karanganuar dengan alasan: Materi metode qiro’ah sudah tersusun dengan baik sehingga mudah untuk dipahami, media gambar sebagai pembelajaran metode qiro’ah sangat menarik dan metode qiro’ah memiliki evaluasi pembelajaran.References
Andi Suriadi, Buku Qiro,ah, Praktikum Baca Tulis Al- Qur’an, Pusat Makasar,2014.
Andi Suriadi, Buku Pedoman Metode Qiro’ah. Makassar: Yayasan Foslamic Pusat, 2021.
Basleman dan Mappa, Teori Belajar Orang Dewasa Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenanda Median Group, 2005.
George J Moely, Psicology for effective Teaching, , New York: Halt Rinehart and Wiston, 1976.
https://bincangsyariah.com/ubudiyah/lima-metode-belajar-al-quran-yang-terkenal-di-indonesia/, diakses pada 28 September 2021, pukul 20.15
Ibrahim Bin Ismail, Sarah Ta’limul Muta’allim, Surabaya: Haromain Jaya, 2006.
Ibrahim, Metodologi penelitian kualitatif: panduan penelitian beserta contoh proposal kualitatif, Cet. I: Bandung: Alfabeta, 2015.
M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qira’an, Cet. XII, Bandung: Mizan, 1994.
Mohammad Al-Farabi Pendidikan Orang Dewasa Dalam Al-Qur’an, Medan: Kencana, 2018.
Muhammad Ali Al-Khulli, Asalib Tadris Al-Lugah al-Arabiyyah, Riyadh: al- mamlakah al-Arabiyyah al-Su’udiyah, 1982.
Muhammad Ali Al-Khulli, Asalib Tadris Al-Lugah al-Arabiyyah.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikann Nasional. Jakarta,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Umi Rohmatun, Mulyoto Mulyoto, A. Dardiri Hasyim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.