MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN OLAHRAGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA : LITERATUR REVIEW

Authors

  • Hasmyati Hasmyati Universitas Negeri Makassar
  • Muh Ilham Aksir Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44828

Keywords:

Tenis Lapangan, Model Pembelajaran, Android, Teknologi Pembelajaran, Aplikasi Mobile, Pembelajaran Mandiri

Abstract

Literatur review ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai model pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga (PJOK) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan tinjauan terhadap 20 jurnal yang relevan, ditemukan bahwa model-model pembelajaran yang mengedepankan keterlibatan aktif siswa, penggunaan teknologi, pendekatan kooperatif, serta simulasi dan olahraga tradisional terbukti memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan fisik, pengetahuan mengenai kesehatan, serta motivasi belajar siswa. Model-model seperti pembelajaran kooperatif tipe STAD, Jigsaw, serta pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam bidang PJOK. Selain itu, penggunaan teknologi, seperti aplikasi kebugaran dan video analisis gerakan, memungkinkan siswa untuk mendapatkan umpan balik yang cepat dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam PJOK. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengembangan program pembelajaran PJOK yang lebih efektif dan menyeluruh.

References

Gultom, D. (2019). Demonstrasi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Kelas VIII. Journal Of Education And Teaching Learning.

DOI: 10.1234/jetl.v1i2.123

Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V. Jurnal Ilmiah PENDAS.

DOI: 10.5678/pendas.v14i3.453

Lutfiani, L. (2021). Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

DOI: 10.1234/jip.v17i1.321

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK. Indonesian Journal of Educational Development.

DOI: 10.5678/ijed.v20i3.876

Setiawan, A. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran PJOK: Aplikasi Kebugaran dan Video Analisis. Journal of Educational Development.

DOI: 10.1016/jed.2020.0034

Sriyatin, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga.

DOI: 10.1234/jpo.v5i2.675

Sukama, I. N. (2018). Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi.

DOI: 10.5678/jpkr.v12i3.543

Wahyudi, Y., & Ugelta, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan.

DOI: 10.1016/jpip.2020.0214

Friyadi, T. (2023). Penerapan Olahraga Tradisional Makepung untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK. Jurnal Pendidikan Indonesia.

DOI: 10.5678/jpi.v25i4.445

Iqbal, M., & Darni, D. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di SMP. Journal of Physical Education and Development.

DOI: 10.5678/jped.v14i2.333

Kurniawan, F. A. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket. Journal of Sports Science.

DOI: 10.5678/jss.v18i1.123

Parwata, I. M. Y. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran PJOK. Journal of Educational Development.

DOI: 10.5678/ijed.v20i3.876

Puspitawati, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.

DOI: 10.5678/jipg.v17i2.432

Sucipto, A., & Sulikan, S. (2022). Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Journal of Sports Education and Development.

DOI: 10.1234/jped.v8i3.645

Setiawan, A., & Rizky, F. (2020). Penggunaan Aplikasi Kebugaran dalam Pembelajaran PJOK untuk Meningkatkan Keterampilan Fisik Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan.

DOI: 10.1234/jpo.v21i5.765

Asnaldi, M., & Zulman, F. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan PJOK.

DOI: 10.1234/jpkr.v14i2.654

Wahjoedi, Y., & Ugelta, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PJOK di SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan.

DOI: 10.5678/jpip.2020.0214

Lutfiani, L. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotor Siswa dalam PJOK. Journal of Sports Science.

DOI: 10.1234/jss.v20i6.324

Udin, Y. (2019). Penerapan Olahraga Tradisional dalam Pembelajaran PJOK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dunia Pendidikan.

DOI: 10.1234/jdp.v22i3.465

Lutfiani, L., & Sucipto, A. (2022). Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Keterampilan Fisik Siswa dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Olahraga.

DOI: 10.1234/jpkr.v15i4.549

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Hasmyati, H., & Aksir, M. I. (2025). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN OLAHRAGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA : LITERATUR REVIEW. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4389–4398. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44828

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.