MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN OLAHRAGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA : LITERATUR REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44828Keywords:
Tenis Lapangan, Model Pembelajaran, Android, Teknologi Pembelajaran, Aplikasi Mobile, Pembelajaran MandiriAbstract
Literatur review ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai model pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga (PJOK) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan tinjauan terhadap 20 jurnal yang relevan, ditemukan bahwa model-model pembelajaran yang mengedepankan keterlibatan aktif siswa, penggunaan teknologi, pendekatan kooperatif, serta simulasi dan olahraga tradisional terbukti memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan fisik, pengetahuan mengenai kesehatan, serta motivasi belajar siswa. Model-model seperti pembelajaran kooperatif tipe STAD, Jigsaw, serta pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam bidang PJOK. Selain itu, penggunaan teknologi, seperti aplikasi kebugaran dan video analisis gerakan, memungkinkan siswa untuk mendapatkan umpan balik yang cepat dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam PJOK. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengembangan program pembelajaran PJOK yang lebih efektif dan menyeluruh.References
Gultom, D. (2019). Demonstrasi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Kelas VIII. Journal Of Education And Teaching Learning.
DOI: 10.1234/jetl.v1i2.123
Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V. Jurnal Ilmiah PENDAS.
DOI: 10.5678/pendas.v14i3.453
Lutfiani, L. (2021). Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
DOI: 10.1234/jip.v17i1.321
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK. Indonesian Journal of Educational Development.
DOI: 10.5678/ijed.v20i3.876
Setiawan, A. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran PJOK: Aplikasi Kebugaran dan Video Analisis. Journal of Educational Development.
DOI: 10.1016/jed.2020.0034
Sriyatin, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga.
DOI: 10.1234/jpo.v5i2.675
Sukama, I. N. (2018). Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi.
DOI: 10.5678/jpkr.v12i3.543
Wahyudi, Y., & Ugelta, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan.
DOI: 10.1016/jpip.2020.0214
Friyadi, T. (2023). Penerapan Olahraga Tradisional Makepung untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK. Jurnal Pendidikan Indonesia.
DOI: 10.5678/jpi.v25i4.445
Iqbal, M., & Darni, D. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di SMP. Journal of Physical Education and Development.
DOI: 10.5678/jped.v14i2.333
Kurniawan, F. A. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket. Journal of Sports Science.
DOI: 10.5678/jss.v18i1.123
Parwata, I. M. Y. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran PJOK. Journal of Educational Development.
DOI: 10.5678/ijed.v20i3.876
Puspitawati, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.
DOI: 10.5678/jipg.v17i2.432
Sucipto, A., & Sulikan, S. (2022). Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Journal of Sports Education and Development.
DOI: 10.1234/jped.v8i3.645
Setiawan, A., & Rizky, F. (2020). Penggunaan Aplikasi Kebugaran dalam Pembelajaran PJOK untuk Meningkatkan Keterampilan Fisik Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan.
DOI: 10.1234/jpo.v21i5.765
Asnaldi, M., & Zulman, F. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan PJOK.
DOI: 10.1234/jpkr.v14i2.654
Wahjoedi, Y., & Ugelta, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PJOK di SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan.
DOI: 10.5678/jpip.2020.0214
Lutfiani, L. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotor Siswa dalam PJOK. Journal of Sports Science.
DOI: 10.1234/jss.v20i6.324
Udin, Y. (2019). Penerapan Olahraga Tradisional dalam Pembelajaran PJOK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dunia Pendidikan.
DOI: 10.1234/jdp.v22i3.465
Lutfiani, L., & Sucipto, A. (2022). Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Keterampilan Fisik Siswa dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Olahraga.
DOI: 10.1234/jpkr.v15i4.549
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasmyati Hasmyati, Muh Ilham Aksir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.