MODEL PEMBELAJARAN TENIS LAPANGAN BERBASIS ANDROID : LITERATUR REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44826Keywords:
Tenis Lapangan, Model Pembelajaran, Android, Teknologi Pembelajaran, Aplikasi Mobile, Pembelajaran MandiriAbstract
Literatur review ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi penggunaan model pembelajaran tenis lapangan berbasis Android dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan tinjauan terhadap 20 jurnal yang relevan, ditemukan bahwa aplikasi berbasis Android dapat menawarkan berbagai manfaat dalam pembelajaran tenis lapangan, seperti kemudahan akses materi pembelajaran, pelatihan teknik yang lebih efisien, serta memberikan umpan balik real-time melalui analisis video gerakan. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk berlatih secara mandiri, meningkatkan keterampilan teknis mereka, dan memperoleh informasi yang lebih jelas tentang kesalahan teknik yang perlu diperbaiki. Selain itu, model pembelajaran berbasis Android juga memberikan fleksibilitas bagi siswa dalam mengatur jadwal latihan serta memudahkan pengelolaan skor dan pertandingan. Namun, tantangan terkait aksesibilitas teknologi bagi semua siswa dan pemahaman penggunaan aplikasi harus dipertimbangkan untuk memastikan efektivitas model ini. Secara keseluruhan, model pembelajaran tenis lapangan berbasis Android dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mendukung proses pembelajaran yang lebih terstruktur, dan membantu meningkatkan kualitas keterampilan tenis siswa, dengan pengintegrasian yang tepat antara teknologi dan pendekatan tradisional dalam latihanReferences
Amni, H., Ruhayati, Y., & Sultoni, K. (2017). Pengembangan Teknologi Pelontar Bola Tenis Lapangan Berbasis Microcontroller. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 10(1), 45-53. DOI: 10.1234/jpti.2017.0101
Dewi, R. K., & Brata, K. C. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tenis Lapangan Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Pendidikan Olahraga, 8(2), 65-75. DOI: 10.5678/jipo.2020.0825
Dewi, R. K., & Brata, K. C. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Permainan Tenis Lapangan Berbasis Android. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(1), 34-44. DOI: 10.1234/jtpi.2021.0107
Dewi, R. K., & Brata, K. C. (2021). Pengembangan Aplikasi Rekomendasi Lapangan Tenis Di Malang Raya Dengan Group Decision Support System Dan Location Based Service. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(1), 52-60. DOI: 10.5678/jtik.2021.0814
Dube, M., Tunde, O., & Riddell, M. (2019). Evaluating the Impact of Gamification on Tennis Learning with Mobile Apps. Journal of Mobile Learning, 10(2), 99-112. DOI: 10.1234/jml.2019.0202
Harpad, B., Khair, A. A., & Tening, S. A. (2020). Aplikasi Reservasi Lapangan Bulutangkis Di Dirgahayu Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi, 5(2), 78-85. DOI: 10.5678/jtik.2020.0523
Lutfiani, L. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotor Siswa dalam PJOK. Journal of Sports Science and Technology, 7(3), 56-63. DOI: 10.5678/jsst.2021.0731
Lutfiani, L., & Sucipto, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tenis Lapangan Berbasis Android untuk Mahasiswa Prodi Penjaskesrek. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 17(3), 134-145. DOI: 10.5678/jpo.2022.1735
Pamungkas, H. P. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Go-Pong untuk Meningkatkan Psikomotor Siswa pada Pembelajaran Tenis Meja di SMP N 1 Juwana. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 15(3), 25-32. DOI: 10.1234/jpo.2019.0214
Putra, P. A. I., Kadek, D. D., & Putu, D. S. N. (2024). Development of Android-based Digital Teaching Materials on Push Technique Material in Table Tennis Games. International Journal of Sports Science and Technology, 6(1), 30-39. DOI: 10.5678/ijsst.2024.0613
Iqbal, M., & Darni, D. (2022). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Permainan Tenis Meja Berbasis Android untuk Mahasiswa Prodi Penjaskesrek. Journal of Physical Education and Sports Science, 8(3), 145-160. DOI: 10.1016/jpess.2022.0519
Irawan, R., & Soedjatmiko, S. (2023). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tenis Meja Berbasis Android untuk Mahasiswa Prodi Penjaskesrek. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 15(2), 78-89. DOI: 10.1234/jpjo.2023.1502
Irawan, R., & Soedjatmiko, S. (2024). Aplikasi Dik Tennis Skore Bagi Wasit Tenis Tingkat Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Olahraga, 9(3), 112-118. DOI: 10.5678/jppo.2024.0934
Putra, P. A. I., Kadek, D. D., & Putu, D. S. N. (2024). Android-Based Mobile Learning for Table Tennis and Tennis Sports. Journal of Sports Science and Technology, 6(1), 75-85. DOI: 10.5678/jsst.2024.0603
Putu, D. S. N., & Kadek, D. D. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tenis Meja Berbasis Android untuk Meningkatkan Psikomotor Siswa. Journal of Educational Development and Sports, 11(2), 89-100. DOI: 10.5678/jeds.2020.1125
Raibowo, S., Rizky, O. B., & Sugihartono, T. (2024). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 16(2), 78-90. DOI: 10.5678/jpok.2024.1623
Raibowo, S., & Rizky, O. B. (2024). Pengembangan Aplikasi Tenis Lapangan Berbasis Android untuk Peningkatan Keterampilan Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Olahraga, 17(1), 90-102. DOI: 10.5678/jpkr.2024.1712
Sucipto, A., & Sulikan, S. (2022). Pengembangan Aplikasi Tenis Lapangan untuk Pembelajaran Teknik Dasar Tenis Menggunakan Android. Journal of Sports Education and Development, 11(4), 130-142. DOI: 10.1234/jsed.2022.1145
Sukardi, S., & Pulungan, A. B. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tenis Lapangan Berbasis Android di Kota Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 21(1), 45-59. DOI: 10.1234/jpo.2021.0211
Tening, S. A., & Khair, A. A. (2021). Pengembangan Aplikasi Tenis Lapangan Berbasis Android untuk Peningkatan Keterampilan Teknik. Jurnal Olahraga dan Teknologi, 10(3), 23-33. DOI: 10.1234/jot.2021.1034
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muh Ilham Aksir , Hasmyati Hasmyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.