STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH: KAJIAN TEORITIS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MODERN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED-LEARNING)

Authors

  • Sepelita Pasaribu PTKKN Kementerian Agama RI
  • Nova Santi Maria Hutagaol PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53575

Keywords:

Strategi Pembelajaran Aktif, Keterlibatan Siswa, Sekolah Menengah, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa di tingkat sekolah menengah. Pembelajaran aktif dipahami sebagai pendekatan yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar, berbeda dengan metode tradisional yang dominan ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka, dengan menelaah literatur terkait berbagai strategi pembelajaran aktif, termasuk model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL). Analisis literatur menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tidak hanya meningkatkan motivasi belajar siswa, tetapi juga memperkuat interaksi sosial di kelas, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan mendorong pencapaian akademik yang lebih tinggi. Penerapan PBL, misalnya, memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah secara kolaboratif, mengeksplorasi konsep secara mendalam, dan mengaitkan pembelajaran dengan konteks nyata. Temuan ini menekankan perlunya guru beralih dari pendekatan ceramah menjadi pembelajaran interaktif yang berpusat pada siswa, di mana siswa berperan sebagai pelaku utama dalam proses belajar. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran aktif memiliki relevansi signifikan dalam konteks pendidikan abad ke-21, yang menuntut keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Dengan memahami dan menerapkan strategi ini secara efektif, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, memotivasi siswa, serta membekali mereka dengan keterampilan penting untuk menghadapi tantangan masa depan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi praktis dan teoritis bagi pengembangan praktik pengajaran yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik.

References

Abdullah, M. (2023). Teachers’ readiness in designing authentic problem scenarios for PBL implementation in secondary schools. Journal of Education Research, 17(2), 112–124.

Arends, R. (2021). Learning to teach (11th ed.). McGraw-Hill.

Hmelo-Silver, C. E. (2020). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 32(2), 351–365.

Irwansyah, F. (2023). Integrating digital literacy into Problem-Based Learning to strengthen 21st-century competencies. Journal of Technology in Education, 5(3), 144–159.

Lestari, D. (2022). Dampak model Problem-Based Learning terhadap rasa percaya diri dan partisipasi siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 55–67.

Mulyani, S. (2023). Peningkatan HOTS siswa melalui penerapan Problem-Based Learning di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Modern, 9(4), 201–214.

Pratiwi, R. (2024). Kemandirian belajar siswa dalam penerapan Problem-Based Learning: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 33–47.

Rahayu, Y. (2022). Pengaruh PBL terhadap pengembangan karakter kerja sama dan disiplin siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(3), 98–110.

Saragih, P., Sinaga, A., & Simbolon, T. (2024). Students’ concentration and engagement in PBL classroom settings. International Journal of Instructional Development, 6(1), 25–40.

Slavin, R. E. (2020). Educational psychology: Theory and practice (13th ed.). Pearson.

Tan, J., & Lim, K. (2024). Creativity development through problem-based learning: A meta-analysis. Asia Pacific Education Review, 25(1), 77–95.

Wijaya, H., & Kurniawan, A. (2023). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap keterlibatan belajar siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 289–302.

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Pasaribu, S., & Hutagaol, N. S. M. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH: KAJIAN TEORITIS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MODERN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED-LEARNING). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8440–8445. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53575

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.