PENGARUH INTENSITAS MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PENJUALAN PRODUK DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29143Keywords:
Intensitas Media Sosial, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian dan Penjualan Produk.Abstract
Pengaruh Intensitas Media Sosial, dan Word Of Mouth Terhadap Penjualan Produk dengan Variabel Intervening Keputusan Pembelian pada Umkm Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas media sosial,word of mouth, dan keputusan terhadap penjualan Bakmie Hockseng Bangka Medan. Populasi sebanyak 200 orang, sampel yang di ambil 30 responden. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah sampling incidental. Analisis data yang digunakan adalah analisis path (jalur). Pengaruh Intensitas Media Sosial (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Intensitas Media Sosial (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Pengaruh Word Of Mouth (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Word Of Mouth (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Pengaruh Intensitas Media Sosial (X1) terhadap Penjualan Produk (Z) hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Intensitas Media Sosial (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Penjualan Produk (Z). Pengaruh Word Of Mouth (X2) terhadap Penjualan Produk (Z) hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Word Of Mouth (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Penjualan Produk (Z). Pengaruh Keputusan Pembelian (Y) terhadap Penjualan Produk (Z) hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Keputusan Pembelian (Y) secara parsial berpengaruh dan bersignifikan terhadap Penjualan Produk (Z). Pengaruh Intensitas Media Sosial (X1) dengan Keputusan Pembelian (Y) terhadap Penjualan Produk (Z) Hasil ini memberikan kesimpulan bahwa model I, yakni variabel X1, dan Y berpengaruh signifikan terhadap Z. Pengaruh Word Of Mouth (X2) dengan Keputusan Pembelian (Y) terhadap Penjualan Produk (Z) Hasil ini memberikan kesimpulan bahwa model II, yakni variabel X2, dan Y berpengaruh signifikan terhadap Z.References
Abugaza, A. (2013) Social Media Politica. Tangerang: Tali Writing & Publishing Ali Hasan.Marketing dari Mulut Ke Mulut. Jakarta: Medpress, 2010.
Amedie, J;. (2015). the impact of social media on society.Santa Clara University:
Ardianto, E. (2011) Handbook Of Public Relations: Pengantar Komprehensif.
Assauri, Sofjan Manajemen Pemasaran edisi pertama,Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Basu Swasth, Manajemen Penjualan Edisi Ketiga, (Yogyakarta:BBFE,2001)h,.59challenges and opportunities of Social Media’. Business Horizons 53(1): 59–68 Companies.
Dharmesta dan Irawan, 2012, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Evans, D., 2008. Social Media Marketing . Indiana: Wiley Publishing Final Journal Paper.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction, Edisi 4, ANDI, Yogyakarta.
Gunelius, S. (2011) 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill
Hazim Nurkholif. (2005 ). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UT, Pustekom,House. menonton tayangan acara memasak di televisi terhadap IPTPI.
Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein (2010) ‘Users of the world, unite! The
Kartono, K; Gulo, D;. (2000). Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.
Komputindo.
Kotler, Philip dan Keller, Manajemen Pemasaran, Jilid I, EdisiKedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Liliweri, A. (2015) Komunikasi antarpersonal. Jakarta: Pernamedia Group.
M. Nafarin, Penganggaran Perusahaan,(Jakarta: Salemba Empat, 2009), hal. 166
Morissan. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana.
Nuraini. (2011). Intensitas menonton televisi. In d. A. Haidir, Hubungan pengetahuan bidan boga pada siswa kelas XII jasa boga SMK negri 6
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex
Priyatno. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.
Retnawati, H (2017) Teknik pengambilan sampel, ini disampaikan pada workshopupdate penelitian kuantitatif, teknik sampling, analisis data dan isi plagiatnisme. P.1-7.
Sulianti, F. (2015). Keajaiban Social Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Supranto, dan Limakrisna, Nandan. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta. Mitra Wacana Media.Yogyakarta. Yogyakarta: FT UNY.
Saladin. 2013. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pelaksanaan, Unsurunsur Pemasaran. Bandung: CV. Linda Karya.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit : Alfabeta. Bandung.
Sumarwan, (2015). Pemasaran strategik: perspektif perilaku konsumen dan marketing plan. IPB Pres: Bogor.
Wulani, F., Lindawati, T., Putro, A. J. W. T., and Suhartatik, A. 2019. Scale Development of Entrepreneurial Competency of SME Owner in Indonesia. Academy of Entrepreneurship Journal 25 (4):1–1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rena Fujianti Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.