PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DAARUL ISTIQLAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27471Keywords:
Kedisiplinan Balajar, Prestasi Belajar, Sekoah Menengah PertamaAbstract
Matematika sebagai ilmu pengetahuan dasar mulai diajarkan dari sekolah dasar, sekolah menengah, hingga pada perguruan tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Daarul Istiqlal yang beralamat di Jalan Pantai Rambung, Mareldal II. Kecamatan Deli Tua pada tanggal 20 Januari 2024. Metode yang dipakai yaitu metode survei dengan menggunakan instrumen angket sebanyak 30 item pernyataan yang terdiri dari bobot positif dan negatif. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu berjumlah 40 responden dari poulasi 120 siswa, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Uji persyaratan analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan uji chikuadrat dan uji linearitas menggunakan uji F (Fisher), dan hasilnya data berdistribusi normal serta memenuhi uji linearitas yakni data bersifat linier/signifikan. Uji hipotesis yang dipakai yaitu uji validitas dengan menggunakan product moment dan uji reliabilitas data menggunakan Cronbach Alpha, jadi hasilnya layak dipakai/valid dan reliabel/layak dipakai, data yang valid yaitu 25 soal dan data yang tidak valid berjumlah 5. Hasil dari peneletian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,82 %, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,80% dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,91%. Uji signifikan regresi yaitu menyatakan hipotesis Ho ditolak dan dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.References
Defika S, 2015. Pengaruh Kedisiplinan Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3038 (Diakses 2 februari 2022)
Prasojo RJ, 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1): 1-11. https://www.neliti.com/id/publications/37082 (Diakses 30 januari 2022)
Saputro, E. (2015). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Wironanggan 01 Tahun 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Safitri, D. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Wirantasa U, 2017. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif, 7(1): 83-95. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1272. (Diakses 3 maret 2022
Tanjung, Y,T, Tanjung, A,N,N, Matondang,A,R (2023) Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Siswa. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(1): 350-361. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP. (Diakses 30 januari 2024)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulia Tiara Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.