PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46091Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Literasi Siswa, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL) terhadap kemampuan literasi siswa sekolah dasar melalui metode studi literatur. Literasi sebagai kompetensi dasar sangat penting untuk menunjang keberhasilan belajar dan pengembangan potensi siswa. Model pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif, kolaboratif, dan kontekstual sehingga mampu meningkatkan keterampilan literasi secara menyeluruh, mulai dari literasi membaca, menulis, numerasi, hingga literasi sains. Melalui tinjauan literatur dari berbagai penelitian terkini, ditemukan bahwa penerapan PjBL memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan literasi siswa di berbagai mata pelajaran dan jenjang kelas. Selain itu, PjBL juga meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengidentifikasi adanya kebutuhan untuk integrasi model PjBL secara lebih sistematis dan berkelanjutan dalam kurikulum sekolah dasar agar hasil literasi dapat lebih optimal. Novelty penelitian ini terletak pada pendekatan komprehensif yang mengkaji berbagai aspek literasi dalam konteks PjBL di sekolah dasar, sekaligus menyoroti gap penelitian sebelumnya yang lebih fokus pada satu jenis literasi saja. Dengan demikian, hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi guru, praktisi pendidikan, dan pembuat kebijakan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi siswa sekolah dasar.References
Azmiyah, M., Reffiane, F., & Solikhin, R. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas IV SDN. Jurnal Pendidikan Dasar, Universitas Pasundan. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/17349
Della, A., & Dahlan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN 30 Mattirowalie. Jurnal Pelita. https://www.pusdig.my.id/pelita/article/view/516
Fatimah, W. D., Novita, F., Cikwanto, C., & Fransiska, F. W. (2024). KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA. Scientific Journal of Nursing and Health, 2(2), 72–78.
Fransiska, F. W., & Sigarete, B. G. (2025). THE ROLE OF ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES (ESP) IN PROMOTING HEALTH COMMUNICATION SKILLS AMONG MEDICAL STUDENTS: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Proceeding of International Conference Social Technology Education and Health Science, 2(1).
Hansopaheluwakan, S., Ifadah, E., Baka, C., Putri, L. A., Karimuddin, K., Suningsih, S. S. S., Prihhartini, S., Puspandari, K., Fransiska, F. W., & Nurdiana, L. (2024). Basic English Grammar: Panduan Dasar Mahir Berbahasa Inggris. PT. Green Pustaka Indonesia.
Huda, N., Fransiska, F. W., Mokodenseho, S., Tabilantang, B. H., & Mokodompit, A. (2024). The Influence of STEAM Education on Students’ Interest in Technology at Middle Schools in Indonesia. The Eastasouth Journal of Learning and Educations, 2(01), 50–62.
Kalangi, J. S., Nurhikmah, N., Suyadi, S., Rais, R., & Fransiska, F. W. (2024). Effectiveness of the cooperative learning method in English subjects in higher education. International Journal of Language and Ubiquitous Learning, 2(1), 24–34.
Maghfiroh, A. A., Haryani, S., & Ellianawati, E. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15340
Muhammad, Y., & Ristiyani, R. (2024). Pemanfaatan Media Kurawa (Kartu Aksara Jawa) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Keaksaraan Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Universitas Pasundan. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/17049
Nurhayati, N., & Simanullang, E. R. (2024). Integrasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jkppk/article/view/423
Rahmazunita, D., & Sariban, S. (2025). Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pembiasaan Literasi Membaca pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Sekolah Dasar. Jurnal Linguistik, Sastra dan Satra Terapan. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/LISTRA/article/view/9464
Rosandi, A. B. E. (2024). Penerapan Literasi Membaca Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Hastapena: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Satra. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/HASTAPENA/article/download/7964/3667
Simorangkir, F. M. A., & Marbun, E. (2024). Pelaksanaan Program KKN Berbasis Literasi dan Numerasi bagi Anak Sekolah Di Nagori Sipangan Bolon Mekar. Jurnal Pengabdian Sosial. https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps/article/view/545
Tresna, I. C., & Sijabat, R. (2023). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness Dan Campus Facilities Terhadap Enrollment Intention Pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Widyakala Journal: Journal of Pembangunan Jaya University, 10, 87.
Wahyuni, S., & Iqbal, M. (2024). Evaluasi Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Idarah Tarbawiyah: Journal of Islamic Educational Management. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JIEM/article/view/16736
Winangun, I. M. A., & Permana, I. G. Y. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Literasi Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tukadsumaga. Jurnal Edukasi Pendidikan Dasar. https://journal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/266
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nana Suyana, Nurul Hikmah, Jumriah Jumriah, Ahmad Fahrudin, Ayyesha Dara Fayola, Saifullah Saifullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.