EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORANG TUA MURID DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDIT FIRDAUSHA SETIABUDI PAMULANG, TANGERANG SELATAN

Authors

  • Syaikhiyah A. Thaib Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45556

Keywords:

Efektivitas Komunikasi Orangtua Murid dan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Abstract

Komunikasi memegang peranan fundamental dalam kehidupan setiap makhluk hidup sebagai sarana utama untuk menjalin interaksi sosial. Dalam konteks pendidikan, komunikasi menjadi elemen krusial dalam menunjang efektivitas proses belajar mengajar di lingkungan sekolah. Hubungan komunikatif yang terbentuk antara guru dan siswa memainkan peran signifikan dalam mentransmisikan pesan pembelajaran secara optimal. Komunikasi interpersonal yang terjalin selama proses pembelajaran turut menciptakan iklim kelas yang kondusif, mendorong partisipasi aktif siswa, serta meningkatkan motivasi belajar mereka faktor-faktor yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan. Bertolak dari pentingnya komunikasi dalam proses pendidikan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana efektivitas komunikasi antara orang tua murid dan guru dapat memengaruhi kualitas proses pembelajaran di SDIT Firdausha Setiabudi Pamulang. Selain itu, studi ini juga berupaya mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mengganggu kelancaran komunikasi di antara kedua pihak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi langsung, wawancara mendalam, dan pengumpulan data dari berbagai sumber, serta dianalisis menggunakan kerangka teori tindak tutur (Speech Act Theory). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Meski telah terbangun pola komunikasi yang relatif terbuka dan terstruktur, sejumlah kendala seperti keterbatasan waktu dari pihak orang tua, perbedaan persepsi, serta kurangnya media komunikasi yang efisien menjadi hambatan dalam mewujudkan komunikasi yang benar-benar optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya strategis dalam mengatasi berbagai hambatan tersebut, seperti pengembangan saluran komunikasi yang lebih fleksibel dan pemberian umpan balik yang bersifat personal. Langkah-langkah ini diharapkan dapat menunjang terciptanya sinergi antara guru dan orang tua demi tercapainya proses pembelajaran yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.  

References

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan. Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu, Jakarta: Raja Grafindo, 2016,

Beebe, S. A., & Beebe, S. J. Communication Principles for a Lifetime (6th ed.). Pearson: 2017, hal. 45-50.

Helmawati, Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014,

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013,

John. Smith, "The Impact of Parent-Teacher Communication on Student Learning," ..., hal. 45-59.

John. Smith, "The Role of Effective Communication in Enhancing Student Engagement," (Journal of Education Studies, vol. 45, no. 2, 2018), hal. 12-125.

Joko Subagyo, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2004, hal. 45.

Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000),

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005,

Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif , Bandung: Tarsito, 2003,

Schramm, W. Notes on Case Studies of Instructional Media. Educational Technology Publications, 1971,

Stuart P. Robinson dan Timothy A. Judge, Organizational Behavior, ed. ke-19, Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, 2019

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016,

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010,

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya,

J. L. Epstein,, School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools, 2nd ed. Westview Press, 2011

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007,

M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009,

Sarifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998,

Sukardi, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012,

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

Thaib, S. A. (2025). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORANG TUA MURID DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDIT FIRDAUSHA SETIABUDI PAMULANG, TANGERANG SELATAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4994–5004. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45556

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.