PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENGAWAS SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41438Keywords:
Teknologi infoformasi dan komunikasi; Kompetensi Profesional; PengawasAbstract
Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap peningkatan kompetensi professional pengawas sekolah di Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitati. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2024. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 6,056 dengan tingkat signifikansi 0,017 mengindikasikan adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara pemanfaatan TIK dengan peningkatan kompetensi pengawas sekolah di Kabupaten Deli Serdang.References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta
Darmawati, D. (2023). Integrasi dan Manfaat TIK dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3). https://doi.org/10.35931/am.v7i3.1838
Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiyat, Y. D. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia (Studi Kasus di Kabupaten Wakatobi). Jurnal Pekommas, 17(2), 81-90
Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta, 4(2), 106-113
Mahmudah, P. (2024). Optimalisasi Supervisi Klinis Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, 4(4), 173-176.
Picauly, V. E. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1528-1535.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kamila Harahap, Sukarman Purba, Arif Rahman, Wanapri Pangaribuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.