PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU SMPN 2 REMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41097Keywords:
Perencanaan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Mutu Pendidikan, Manajemen Sumber Daya ManusiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan sumber daya manusia di SMP Negeri 2 Rembang dilaksanakan denga tahapan-tahapan penerimaan berkas lamaran, interview, tes mengajar, rapat hasil tes, pengambilan keputusan, dan penempatan pendidik/tenaga kependidikan. Pengembangan sumber daya manusia dilakukan dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan, workshop, seminar serta in house training. Hambatan yang dihadapi dalam perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia di SMP Negeri 2 Rembang adalah infrastruktur dan pembiayaan. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak sekolah menyusun RKAS dengan skala prioritas.References
Agung. (2017). Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 2(1), 43-53. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2026
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/24/322
Hidayat, Wahyu. (2021). Peran Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMPN 2 Pare-Pare. Jurnal Pendidikan Islam 19(2), 143-170. https://doi.org/10.35905/alishlah.v19i2.2025
Kurniawan, Benny. (2020). Pengembangan SDM dalam Pendidikan Islam. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial 4(2):105–25. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.323
Miles, Matthew B., A. M. Huberman, and Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A ,Ethods Sourcebook. Third edition. Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, Inc.
Moleong, Lexi J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Putriani, J.D. dan Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3), 831-838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Rahmawati, Anggi, Diana Riski Sapitri Siregar, Muhamad Syukron, Hasyim Asyari, and Armai Arif. (2022). Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu di SD Islam Al-Azhar 4 Kebayoran Lama. Jurnal Kependidikan Islam 12(2), 159–170. https://doi.org/10.15642/jkpi
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Sangsurya, Yoky, Muazza Muazza, and Rahman Rahman. (2021). Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Islam Mutiara Al Madan Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(2),766–78. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.644
Sarnoto, Ahmad. (2017). Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya 6(2):51–60. https://doi.org/10.53976/jmi.v6i2.45.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yuliyati, Erlina. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management di SMK Muhammadiyah Prambanan. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(1):24–35. https://doi:10.33650/al-tanzim.v4i1.967
Zahroh, A. (2014). Total Quality Management “teori dan praktek manajemen untuk mendongkrak mutu pendidikan". Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Zahroh, Aminatul, and Binti Maunah. (2022). Total Quality Management (TQM): Sebuah Langkah dalam Mengedepankan Kualitas Output melalui Sistem Kontrol Mutu (Quality Control) Sekolah. Realita : Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam 13(2):224–34. https://doi.org/10.30762/realita.v13i2.65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendang Zeta Lestari, Titik Haryati, Endang Wuryandini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.