ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PROFESIONALITAS GURU

Authors

  • Yogi Listiana Universitas Islam Lampung Metro

Keywords:

Kepala Sekolah, Sumber Daya Manusia, Profesionalitas Guru

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan di suatu lembaga pendidikan harus mencari inisiatif untuk mutu sebagai bentuk upaya membangun sistem pendidikan di sekolahnya. Sebagai pemimpin tertinggi di sekolah, kepala sekolah memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai administrator, supervisor, dan pemimpin pendidikan. Fungsi kepala sekolah sebagai administrator pendidikan berarti bahwa untuk meningkatkan mutu sekolahnya, seorang kepala sekolah dapat memperbaiki dan mengembangkan fasilitas sekolahnya seperti gedung, peralatan atau perlengkapan dan lain-lain yang tercakup dalam bidang administrasi pendidikan. Penyajian tulisan ini didasarkan pada analisis data kepustakaan dengan model analisis deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Peran kepala sekolah antara lain: 1). Sebagai edukator, motivator, supervisor, leader, dan innovator, 2). Menyusun rencana pengadaan, 3). Melakukan pengendalian terhadap sumber daya sekolah, 4). Memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan profesinya, 5). Memfasilitasi kegiatan diklat untuk guru, 6). Memfasilitasi kegiatan pendidikan dan pelatihan di luar sekolah.

References

Asari, A., Arifin, A. H., Lubis, M. A., Ismunandar, A., Ashari, A., Agniya, U., Ayunda, W. A., & Pramudyo, G. N. 2023. Manajemen E-Resource. Mafy Media Literasi Indonesia.

A Ismunandar, integrasi interkoneksi profesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter, Ta'lim 4 (Universitas muhammadiyah Lampung), 34-49.

A Ismunandar, Paradigma Pengembangan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 1 (1), 45-57

A Kurnia, Peningkatan Kemampuan Pendidik Di Era Society 5.0, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6 (2), 388-397.

AP Rini, Implikasi era revolusi industry 4.0 terhadap pengembangan kemampuan sumber daya manusia di perguruan tinggi, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (2), 4831-4837.

Bambang Syahril, 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Briant, K. A., Gray L. A., Gallegos P.B., 2005. Performance Theories in Education. Power, Pedagogy and the Politics of Identity. London: Lawrence Erlbaum Associates, Pulicher (LEA).

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.

E. Mulyasa. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

H. Hasan, A.. Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Al Qiyam, Vol 3 (2), 214-222, 2022. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i2.285.

Ismunandar, A. "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. 2020. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.

Ismunandar, A. "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. 2022. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.

Jones, F. Mazda & Lord, S. 2006. Developing Effective Teacher Performance. London: Sage Publication Inc.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Landasan Prikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nazara, D. S., Se, M. M., Casriyanti, S. P., Fauzi, H., Trianto, E., Arif Ismunandar, M. M., Raule, J. H., Kes, S. K. M. M., Syamsuddin, A. R., & Jamil, I. M. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia” Teoritis Dan Praktis”. Cv. Mitra Cendekia Media.

Rachman Natawijaya. 2006. Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jatinangor: Alqaprint.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.

Soewadji Lazaruth. 1994. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius, cet. VI.

Sudarwan. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

Tabrani Rusyan dkk. 2000. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV. Dinamika Karya Cipta.

W Dalail, dkk. Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik melalui Kualifikasi Akademik pada Lembaga Pendidikan, jurnal Promis 5 (1), 46-53

Zakiah Daradjat. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Listiana, Y. (2024). ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PROFESIONALITAS GURU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19163–19171. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/42844

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.