ANALISIS KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MODEL PBL KELAS XI SMK N 4 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31119Keywords:
Karakteristik Peserta Didik, Asesmen Diagnostik, Problem Base LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik peserta didik melalui asesmen diagnostik non kognitif, dimana peserta didik kelas XI di SMK N 4 Semarang memiliki karakteristik yang beragam. Pentingnya melakukan analisis ini agar guru dapat melakukan pembelajaran yang baik dengan melihat karakteristik peserta didik dari, apa yang mereka sukai, latarbelakang, keterampilan, dan gaya belajar peserta didik. Peneliti mengambil sampel dari 2 kelas XI yaitu Teknik Mesin I dan Teknik Otomotif I. Metode peneitian yang digunakan yaitu kualitatif dan teknik pengumpulan datanya observasi, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari pengumpuln data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pnelitian ini menunjukan bahwa, setelah diberikan asesmen diagnostik non kognitif peserta didik kelas memiliki karakteristik yang beragam dan sangat aktif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran PBL. Asesmen diagnostik dapat membantu guru dalam proses pembelajaran yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Saran yang dilakukan untuk kedepannya yaitu hal yang memang yang harus diberikan yaitu asesmen diagnostik dahulu. Hal ini dikarenakan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran secara optimal. Jika hal ini tidak dilakukan pembelajaran kurang sesuai dengan kemampuan,serta dapat menganggu proses perkembangan belajar peserta didik. Karena pelaksanaan asesmen diagnostik penting diterapkan untuk memberikan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik.References
Anggraena, Y dkk. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013: pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah.
Datadikdasmen.com. (2024). Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Implementasi Kurikulum Merdeka.
Insani, F., dkk (2023). Analisis Hasil Asemen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9 (2), 4450- 4458.
Kemendikbudristek. (2021). Presentasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Kemendikbudristek
Pramono, et al. (2022). resonasi pemikiran ke23:"menjadi manusia beradab dan memberi Manfaat bagi lingkungan di era global. surakarta: muhammadiyah university press.
Setiawan, S. B. (2022). Merayakan asesmen merdeka belajar. Tangerang: Penerbit Lentera Hati.
Sriyanti, I. (2019). Evaluasi pembelajaran matematika. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syarifuddin, dkk. (2012). Inovasi Pendidikan. Medan: PERDANA PUBLISHING.
Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13.
Zamroni dan Maffudz (2019). Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thingking. Jakarta: Depdiknas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andita Tiyas Widayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.