PENERAPAN STRATEGI EMASLIM (Edukator, Manajer, Advisor, Supervisor, Leader, Inovator, Dan Motivator) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Muhammad Yedi Universitas Winaya Mukti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43252

Keywords:

Peningkatan Kualitas, Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan Kepala Sekolah

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekolah. Masalah sumber daya manusia di berbagai sekolah saat ini kualitasnya tidak optimal dan merata. Metode dan tipe pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan buku, jurnal dan hasil penelitian sebelumnya yang mendukung tema penelitian, termasuk literatur tentang kepemimpinan yang meliputi peran kepemimpinan kepala sekolah, peningkatan kualitas, dan sumber daya manusia di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan adalah variabel yang paling penting dan urgen dalam upaya menciptakan atau mewujudkan sumber daya manusia dan pendidikan yang berkualitas.

References

Bush, T., & Coleman, M. (2000). Leadership and Strategic Management in Education. London: Paul Chapman Publishing Ltd., A SAGE Publication Company.

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rost, J. C. (1991). Is Professor of Leadership and Administration in the School of Education. University of San Diego.

Dessler, G. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Perusahaan Rosda Al-Ghazali.

Handoko, T. H. (2004). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (Edisi Kedua, Cetakan Keempat Belas). Yogyakarta.

Wahid, A. H., Muali, C., & Putri, A. A. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Kontemporer dalam Perspektif Transformasi Sosial. Hikmah, 7(1), 1-21.

Wahid, A. H., Muali, C., & Dhuyufallah. (2018). Media dan Motivasi Belajar; Kritik Eksplanasi Konstruktif dalam Implementasi Strategi Pembelajaran. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya, dan Sosial, 5(1), 1-21.

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah. (2018). Manajemen Kelas dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif: Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 179-194.

Syadzili, M. F. R. (2019). Polarisasi Tahapan Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 55-81.

Nasikun. (2003). Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siagian, S. P. (2003). Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hermawan, R. (2010). Pengembangan Sumber Daya Sekolah. Diambil pada 10 Januari 2025, dari http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_Dasar/Nomor_13April_2010/Pengembangan_Sumber_Daya_SekolahRuswandi_Hermawan.pdf

Yuniarsih, T., & Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Alfabeta.

Atmodiwiro, S. (2001). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.

Hasibuan. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, M. (2008). Manajemen Kepegawaian Sipil di Indonesia. Jakarta: Kencana Pradana Media Group.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Toni, E. (2003). Pengaruh Kepemimpinan, Pengalaman Kerja, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Disiplin Kerja Pegawai Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kantor Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara. Purwokerto.

Ginanjar, A. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) Berdasarkan Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga.

James, J., & Walters, D. L. (2008). Human Resource Management in Education: Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

Konsep Kepemimpinan dalam Islam. (Diakses pada 10 Januari 2025, dari http://menaraislam.com/content/blogsection).

Hardjito, D. (1997). Manajemen Situasi. Jakarta: PT Pranaya Paramit.

Marno & Supriyatno. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Triantoro, S. (2004). Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jones, J. J., & Walters, D. L. (2008). Human Resource Management in Education. Yogyakarta: Q-Media.

Murniati, A. R. (2008). Manajemen Strategik: Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan. Bandung: Ciptapustaka Media Perinti.

Yukl, G. (1998). Kepemimpinan dalam Organisasi (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: Penerbit Prenhallindo.

Poerwadarminto, W. J. S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.

Sadono, S. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Yedi, M. (2025). PENERAPAN STRATEGI EMASLIM (Edukator, Manajer, Advisor, Supervisor, Leader, Inovator, Dan Motivator) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3053–3059. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43252

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.