PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN DIGITALISASI PENDIDDIKAN DI MAN 2 REMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40335Keywords:
Digitalisasi Pendidikan, Kepala MadrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam membangun digitalisasi pendidikan di MAN 2 Rembang, dengan fokus pada perencanaan, implementasi, dan evaluasi program digitalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara mendalam dengan kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum dan kesiswaan, guru, siswa, komite sekolah, serta orang tua sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah berperan sebagai katalisator dalam menyusun kebijakan digital, meningkatkan literasi teknologi di kalangan pendidik dan siswa, serta menjalin kemitraan dengan pihak eksternal untuk mengatasi keterbatasan infrastruktur. Digitalisasi pendidikan yang diimplementasikan telah memberikan dampak positif pada proses pembelajaran dan pengelolaan madrasah, meskipun terdapat tantangan seperti akses internet dan keterbatasan perangkat. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan keberlanjutan transformasi digital di madrasahReferences
Bogdan, R., & Biklen, S. (2021). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon.
Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publications.
Depag RI. (2003). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Fadilah, H. (2021). Digitalisasi Pendidikan di Era 4.0: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 1-10.
Fadilah, H. (2023). Literasi Digital di Sekolah Menengah: Sebuah Pendekatan Praktis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 122-130.
Handayani, R. (2023). Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 144-152.
Harahap, R. (2021). Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah di Era Teknologi. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 7(1), 34-45.
Harahap, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Transformasi Pendidikan Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 18(2), 56-66.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Strategi Digitalisasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Los Angeles: Sage Publications.
Mulyasa, E. (2021). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurdin, H. (2023). Membangun Ekosistem Pendidikan Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi, 5(2), 87-96.
Rahmawati, S. (2024). Transformasi Pendidikan Digital di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 76-85.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, A. (2023). Kemitraan Sekolah dengan Sektor Swasta dalam Mendukung Digitalisasi Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(4), 210-220.
Sutrisno, H. (2023). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan: Perspektif Holistik. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 9(3), 345-360.
Suyanto, E. (2023). Pendidikan Berbasis Digital: Kebijakan dan Implementasi. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 14(1), 45-55.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahid, M. (2024). Inovasi Teknologi dalam Pendidikan: Studi Empiris di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 65-73.
Wahyudi, T. (2022). Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Digital. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan, 6(2), 88-97.
Wahyuni, I. (2023). Transformasi Pendidikan Melalui Digitalisasi: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Pendidikan Digital, 19(3), 223-232.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Ronji, Titik Haryati, Endang Wuryandini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.