MANAJEMEN STRATEGIK LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS KH. M. NOER SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42566Keywords:
Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen Strategik, MTs KH. M. Noer Surabaya, Mutu PendidikanAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis penerapan manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang berfokus pada deskripsi mendalam tentang fenomena yang terjadi di lapangan. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan staf terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya telah menerapkan manajemen strategik yang meliputi tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, madrasah merumuskan visi, misi, tujuan, serta analisis SWOT untuk menentukan strategi jangka pendek, menengah, dan panjang. Dalam pelaksanaan, madrasah menetapkan kebijakan yang mendukung, memotivasi pendidik dan siswa, serta mengalokasikan sumber daya manusia secara efektif. Evaluasi dilakukan dengan memonitor hasil perencanaan dan pelaksanaan, mengukur kinerja, dan melakukan perbaikan. Secara keseluruhan, penerapan manajemen strategik ini berhasil meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.References
Adelia, M., & Wulandari, R. (2023). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(02), 125–131.
Arifin, M., Akbar, G. G., & Ijudin, I. (2023). Pelaksanaan Manajemen Strategis Dalam Pengelolaan Madrasah Aliyah Darul Arqam Garut. Khazanah Akademia, 7(02), 86–95.
Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3).
Dzulfiqar, A. F. (2022). Analisis lingkungan internal eksternal madrasah (Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar). Journal Of Education And Learning Sciences, 2(1), 85–107.
Ilhami, A. H., & Fathoni, T. (2025). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Berbasis Masa Depan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 611–624.
Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289.
Musarraf, H. A., Aziz, M. R., & Fathoni, T. (2024). Tugas Dan Tanggung Jawa Kepemimpinan Visioner Di Era Digital. Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration, 2(1), 534–540.
Nartin, S. E., Faturrahman, S. E., Ak, M., Deni, H. A., MM, C. Q. M., Santoso, Y. H., SE, S., Paharuddin, S. T., Suacana, I. W. G., & Indrayani, E. (2024). Metode penelitian kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri.
Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 85–98.
PUTERI, D. D. W. I. Y. (2020). Rumusan visi misi dan konsistensinya terhadap kultur sekolah. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(02), 11–18.
Rohaini, A., & Fathoni, T. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik di Lingkungan Pendidikan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 450–457.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.
Yusriani, Y. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Tahta Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Choirus Sholihin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.