PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERDASARKAN PRINSIP PENDEKATAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38230Keywords:
Sumber Daya Manusia, Total Quality Management, KompetitifAbstract
Penelitian ini memaparkan tentang upaya pengembangan sumber daya manusia berdasarkan pendekatan total quality management dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pendekatan total quality management digunakan sebagai strategi agar lembaga pendidikan dapat bertahan dan unggul dalam kompetisi dengan lembaga lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metodologi kualitatif.. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk naratif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TQM memiliki prinsip-prinsip yang berfokus pada perbaikan yang berkelanjutan, dan sumber daya manusia merupakan aset penting yang harus dijaga dan dikembangkan dengan baik agar lembaga dapat bertahan dan terus berkembang dalam menghadapi persaingan. Dengan menerapkan strategi-strategi TQM dalam pengembangan sumber daya manusia, lembaga pendidikan dapat menciptakan lingkungan yang berfokus pada perbaikan berkelanjutan dan memastikan bahwa karyawan menjadi aset yang berharga dalam mencapai tujuan organisasi.References
Aryana, I. N. & Yasa, N. N. K. (2017). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Sistem Informasi dan Customer Intimacy dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(4), 1343–1364.
Asy’ari, H., Zahruddin, Z., & Fauziah, S. (2017). Implementasi Prinsip-Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMK Ekonomika Depok Jawa Barat. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 205–233.
Citta, Andi Batary (2023). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia
Fadriati. (2018). Model Total Quality Management Pada Lembaga Pendidikan Islam. International Conference on Education IAN Batusangkar, September 12-13 2018
Hasnadi, H. (2021). Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2).
Jaya, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan SMART Ekselensia Indonesia. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 7(2), 1–8.
Kartikasari, D. E., Surachman, Ratnawati, K. (2018) ‘Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasii Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5.1
Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43–50.
Munzir, M. (2022). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(4), 594.
Nilamsari. 2018. Komunikasi Antarpribadi Orangtua Dan Guru Dalam Memahami Pendidikan Inklusi di Tk Jasmien Jakarta Utara. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 71-82
Priyatna, M. (2016). Manajemen Pengembangan SDM pada Lembaga Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(9), 1231–1250
Rachmawati, I. K. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.
Sallis, E. (2010). Total Quality Management in education. Developing quality systems in education.
Siagian, S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Walidin, W. (2016). Arah Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Dimensi Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi, 2(2), 148–163.
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 299–234.
Zanqar, F. S. M., Khatibi, A., Azam, S. M. F., & ... (2019). The Impact of Iso Principles of Total Quality Management on Higher Education Quality. European Journal of …, 100–108.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Rahayu Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.