PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI SDN 2 PENGKOLREJO

Authors

  • Sripurwati Sripurwati Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37413

Keywords:

Kepala Sekolah, Supervisor, Kualitas Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas guru di SDN 2 Pengkolrejo. Jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengeksplorasi peran kepala sekolah dalam penguatan kapasitas guru di SDN 2 Pengkolrejo, Kecamatan Japah Blora. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, 11 guru, staf administrasi, siswa, dan wali siswa, dengan tujuan mendapatkan perspektif yang beragam terkait peningkatan kapasitas guru. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang memungkinkan pemahaman mendalam tentang interaksi dan program yang diterapkan. Analisis data dilakukan dengan metode analisis tematik, meliputi transkripsi, pengkodean, pengembangan tema, dan interpretasi untuk memahami pola dan makna dari hasil penelitian. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik member check untuk memastikan konsistensi dan keakuratan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran kunci dalam tiga aspek utama: pembinaan profesional, pemantauan kinerja, dan pemberian umpan balik. Kepala sekolah secara aktif melakukan pembinaan melalui pelatihan dan diskusi kelompok yang efektif, yang berdampak positif terhadap pengembangan kompetensi dan rasa percaya diri guru. Melalui pemantauan langsung di kelas, kepala sekolah juga membantu guru memahami area yang perlu ditingkatkan dalam pengajaran. Selain itu, umpan balik yang konstruktif dan spesifik memberikan panduan yang jelas bagi guru untuk melakukan perbaikan berkelanjutan. Temuan ini menegaskan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor berkontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung peningkatan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran.

References

Akhmad, Z. (2008). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di MTs YAJRI Payaman Secang Magelang) [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1509/

Alt?nok, V. (2024). The Effect of Supervision in Education on Teacher Quality and Performance. International Journal of Psychology and Educational Studies, 11(3), Article 3. https://doi.org/10.52380/ijpes.2024.11.3.1317

Asmui, A., Sudirman, S., & Sridana, S. (2019). Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.29303/jipp.v4i1.81

Devi, I., Sesmiarni, Z., Syafitri, A., Simbolon, A. M. Y., & Iswantir, I. (2023). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Di Mtss Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.

Estiani, S. W., & Hasanah, E. (2022). Principal’s Leadership Role in Improving Teacher Competence. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i2.2281

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73

Haris, ?., Naway, F., Pulukadang, W. T., Takeshita, H., & Ancho, ?. V. (2018). School Supervision Practices in the Indonesian Education System; Perspectives and Challenges. Journal of Social Studies Education Research, 9(2), Article 2.

Hasibuan, P. M., & Hadijaya, Y. (2024). Implementasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1284

Helmi, H., Rudini, A., Ramadhani, M. I., Huda, N., & Fitriani, N. H. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SMP Negeri 1 Belawang. Journal on Education, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1498

Heryani, R. D., & Kumala, I. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Muhammadiyah 36 Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 6(2), 24.

Huriaty, D., Esterani, Z., & Saufi, M. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan -- Edisi Khusus ISETA, 1–15. https://doi.org/10.33654/iseta.v1i0.1858

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMAN 1 Cikarang Utara Dan Man Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861

Lazwardi, D. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Al-Idarah?: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.804

Majir, A. (2018). Rekonstruksi hubungan komite Sekolah dan Sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 137–173.

Muktamar, A., Faisal, Pinto, J., & Hartini. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62504/02esff36

Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho, 5(3), Article 3.

Nabila, M. N., Haq, M. S., Pendidikan, M., & Pendidikan, F. I. (2021). Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam memperbaiki kompetensi profesional guru di masa pandemi covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(05), 257–1272.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Pub. L. No. 6 (2018).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah, Pub. L. No. 15 (2018).

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 37 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penyusunan Kebutuhan Jabatan Fungsional Widyabasa, Pub. L. No. 37 (2022).

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pub. L. No. 57 (2021).

Priyambodo, P. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru: TIRAI: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), Article 1.

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Putra, S. P., & Hariri, H. (2023). The Effect of Principal Supervision on Teacher Performance: Literature Review. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.35912/jahidik.v2i2.1648

Robbins, S. P., Judge, T., & Judge, T. (2018). Essentials of Organizational Behavior. Pearson.

Saman, A. M., & Hasanah, E. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanankan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatkan Kompetensi Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1913–1920.

Setyaningsih, S., & Suchyadi, Y. (2021). Implementation Of Principal Academic Supervision To Improve Teacher Performance In North Bogor. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33751/jhss.v5i2.3909

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.142

Suchyadi, Y., Sundari, F. S., Sutisna, E., Sunardi, O., Budiana, S., Sukmanasa, E., & Windiyani, T. (2020). Improving The Ability Of Elementary School Teachers Through The Development Of Competency Based Assessment Instruments In Teacher Working Group , North Bogor City. Journal of Community Engagement (JCE), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33751/jce.v2i01.2742

Susilo, S., & Sutoyo, S. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2908

Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), Article 02. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097

Suwartini, E. A. (2017). Supervisi akademik kepala sekolah, profesionalisme guru dan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2). https://scholar.archive.org/work/yaaf5xg3rbdxtdscffuadbl2wy/access/wayback/http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/viewFile/8294/pdf

Syafarina, L., Mulyasa, E., & Koswara, N. (2021). Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2036–2043. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1250

Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2023).

Wahjosumidjo. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah: Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).

Warman, W., Poernomo, S. A., Januar, S., & Amon, L. (2021). Leadership Style and Principal Supervision in Improving Teacher Performance at State High Schools in Kutai Kartanegara Regency, East Kalimantan Province, Indonesia. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline581

Wiji, W. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sd Negeri Bancak 01 Kabupaten Pati. Pitutur Pesantenan, 1(1), 20–30.

Yenni, Y., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). Peran Instructional Leadership Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.35

Yousaf, S. U., Usman, B., & Islam, T. (2018). Effects of Supervision Practices of Principals on Work Performance and Growth of Primary School Teachers. Bulletin of Education and Research, 40(1), 285–298.

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Sripurwati, S., Haryati, T. ., & Wuryandini, E. . (2024). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI SDN 2 PENGKOLREJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16211–16217. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37413