VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MTERI PEWARISAN SIFAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44517Keywords:
Perangkat Pembelajaran,Validitas, Inkuiri TerbimbingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing padad materi pewarisan sifat. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan perangkat pembelajaran yang mampu memfasilitasi pemahaman konsep abstrak dalam genetika melalui pendekatan yang aktif dan terstruktur. Peneitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan selama 3 bulan di SMA Negeri 2 Wonosari. validasi perangkat dilakukan oleh dua validator ahli dan satu validator praktisis dengan menggunakan instrument berskala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria “sangat valid”, validator 1 memperoleh nilai 93% untuk modul ajar dan 89% untuk LKPD, validator 2 memperoleh nilai 90% (modul ajar) dan 90,55% (LKPD), dan validator praktisi memperoleh nilai 84% (modul ajar) dan 83,33% (LKPD). Temuan yang ini menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang disusun telah memenuhi aspek isi, bahasa, dan konstruksi yang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran inkuiri.oleh karena itu perangkat pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi konsep pewarisan sifat.References
Adi, G. M., & Sujana, I. W. (2021). Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem SlolvingTri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 113–121. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764
Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1), 17. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1450
Atmojo, S. E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 5. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.5-13
Bestari, L. (2021). Studi Kelayakan Pembelajaran Dengan Media Miniatur Pondasi Tiang Pancang Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Perhitungan Volume Pekerjaan Konstruksi Gedung, Jalan, Dan Jembatan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(1), 1–7.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/1038
Jannah, M. (2023). Literatur Review: Telaah Pembelajaran Biologi Materi Genetika di Sekolah Menengah Atas. Normalita: Jurnal Pendidikan, 11(3), 548–553.
Latif, D., Yusuf, F. M., & Dama, L. (2022). Uji Validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Materi Pewarisan Sifat Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 94–100. https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14829
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). PENGEMBANGAN e-LKPD BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Maulidah, E. (2019). Character Building Dan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 138–146.
Nial, M. S., Y, N. K., & M, F. Y. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA. Jurnal Normalita, 9(6), 166–174.
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Rahima, R., Kaspul, K., & Putra, A. P. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Peserta Didik Kelas X Sma Terhadap Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip Html5 Konsep Protista. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 570. https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1828
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 200–213.
Y.A. Talo, I.M. Ardana, & I.W. Kertih. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Etnomatematika Batu Kubur Dan Rumah Adat Sumba Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 84–93. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.562
Zainuddin, Z., Astuti, R. D., Misbah, M., Wati, M., & Dewantara, D. (2020). Pengembangan modul pembelajaran generatif materi fluida statis terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1539
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vadila Kaya, Frida Maryati Yusuf, Elya Nusantari, Ilyas H. Husain, Magfiratul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




