ANALISIS INSTRUMEN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI WAWASAN NUSANTARA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Najwa Pitriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwina Nurmalia Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Annisa Yumna Rizq Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurdiansyah Nurdiansyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40068

Keywords:

Wawasan Nusantara, Pendidikan Pancasila, Analisis Instrumen, Software Anatest

Abstract

Wawasan Nusantara dikenalkan sejak dini di SD dengan konsep sederhana, seperti persatuan dalam keberagaman, menjaga keutuhan wilayah, menghargai budaya lokal sebagai identitas bangsa, serta mengenal budaya dan tokoh pemersatu. Di era globalisasi, akses teknologi tanpa batas mendorong pentingnya menjaga nilai-nilai bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas instrumen tes pemahaman siswa kelas V SD terhadap materi Wawasan Nusantara. Instrumen berupa soal uraian dirancang berdasarkan pendekatan 4-D (define, design, develop, disseminate). Subjek penelitian ini terdiri dari 23 siswa kelas V B di SD 1 Nagri Kaler, Kabupaten Purwakarta.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal memiliki validitas yang memadai dan reliabilitas sangat tinggi. Analisis tingkat kesukaran menunjukkan soal tergolong mudah, sedang, dan tidak ada soal sulit. Dari segi daya pembeda, sebagian besar soal berada pada kategori cukup, dengan hanya dua soal pada kategori baik. Kekurangan ditemukan pada distribusi tingkat kesukaran yang belum seimbang dan kurangnya variasi level kognitif tinggi. Penelitian ini menyarankan perbaikan soal untuk mendukung kemampuan pemahaman siswa terhadap materi wawasan Nusantara.

References

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2023). Peningkatan kualitas pendidikan agama Islam melalui pengintegrasian kurikulum merdeka di SMAN 1 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Al-Fatih, 6(2), 147-164.

Anggraini, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pengembangan Wawasan Nusantara Sebagai Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Generasi Muda Melalui Pemanfaatan Internet. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(1), 174-180.

Anita, Tyowati, S., & Zuldafrial. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, 16(1), 35–47.

Ardiansyah,dkk.2023. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam,Vol.01. No.02.

Ariyanti, I. (2019). Uji validitas dan reliabilitas instrumen angket kemandirian belajar matematik. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 53-57.

Fauziah, I. N. N., Saputri, S. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi informasi: Dampak media sosial pada perubahan sosial masyarakat. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 757-766.

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis butir soal ulangan harian IPA menggunakan software Anates pada pendekatan teori tes klasik. Natural Science Education Research (NSER), 4(1), 65-76.

Handayanti, S. (2020). Perbandingan kemampuan literasi lingkungan peserta didik sekolah adiwiyata dan sekolah non adiwiyata sma negeri kelas xi di kota tangerang selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).

Islamiyah, Z., & Suwanda, I. M. (2020). Hubungan wawasan nusantara dengan sikap nasionalisme siswa smas assaadah bungah Gresik. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1067-1077.

Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82.

Mustaqim, M., & Sulisti, H. (2024). Analisis butir soal pas matematika peminatan: daya pembeda, tingkat kesukaran, dan kualitas pengecoh. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 44-56.

Nuralawiah, N., Camelia, D., Dirania, I., & Sopandi, R. (2023). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN WAWASAN NUSANTARA PADA MAHASISWA. Advances In Social Humanities Research, 1(4), 348-352.

Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116-124.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.

Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan nusantara sebagai upaya membangun rasa dan sikap nasionalisme warga negara: sebuah tinjauan literatur. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59-64.

Rizki, S., Linuhung, N., & Dacholfany, M. I. (2016). Design research and development 4D model for developing mathematics teaching materials. In The First International Conference on Education ICONLEE (Vol. 1, No. 1, pp. 288-291).

Rosyidi, D. (2020). Teknik dan instrumen asesmen ranah kognitif. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 27(1), 1-13.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Pitriani, N., Putri, D. N., Rizq, A. Y., Putri, H. E., & Nurdiansyah, N. (2024). ANALISIS INSTRUMEN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI WAWASAN NUSANTARA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18424–18431. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40068

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.