ANALISIS KUALITAS SOAL PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS 3 SD MELALUI ANATES DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI “KENALI HEWAN SEKITAR”

Authors

  • Ayu Rahayu Nurhajati Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Khairunnisa Handayani Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Nenden Permas Hikmatunnisa Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas tes Kemampuan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 3 SD pada materi “Kenali Hewan Sekitar” menggunakan aplikasi ANATES dan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan instrumen berupa program ANATES untuk mengevaluasi validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Jenis penelitian yang diterapkan adalah R&D (Research and Development). Menurut Solikin (2019), R&D merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji keefektifan produk tersebut melalui proses yang disengaja dan sistematis. Penelitian ini menggunakan model 4D yang melibatkan empat tahapan utama: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen, dan penelitian ini melibatkan satu orang validator. Subjek penelitian ini terdiri atas 27 peserta didik kelas 3 SDIT Cendekia Purwakarta. Instrumen yang digunakan berbentuk tes uraian dengan jumlah 10 butir soal menggunakan indikator taksonomi bloom pada tingkat C4(menganalisis), C5(mengevaluasi), dan C6(menciptakan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal memiliki validitas signifikan dan reliabilitas tinggi menunjukkan instrumen ini konsisten dan relevan dalam mengukur kompetensi siswa. Daya pembeda soal sebagian besar berada pada kategori baik hingga sangat baik, meskipun beberapa soal menunjukkan daya pembeda rendah. Tingkat kesukaran sebagian besar soal tergolong sedang, namun terdapat beberapa soal yang masuk kategori sukar dan memerlukan revisi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tes kemampuan pemahaman konsep IPA yang dianalisis memiliki kualitas yang baik secara keseluruhan. Penelitian berikutnya diharapkan dapat mengoptimalkan kualitas beberapa butir soal agar lebih selaras dengan prinsip evaluasi pembelajaran berbasis kontekstual. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa hasil evaluasi mampu mencerminkan pemahaman konsep siswa secara lebih akurat dan komprehensif.

References

Apriani, Y., & Alexon, A. (2022). Penerapan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 19-30.

Arsi, A. 2021. Langkah-langkah Uji Validitas Dan Realibilitas Dengan Menggunakan SPSS. Jurnal academia.edu.

Azizah, N. (2023). Evaluasi Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA Kelas 4 Menggunakan Analisis Soal Pilihan Ganda. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1249-1254.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG, 3(2), 198-214.

Marzuki, M. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2771-2780.

Nursehah, U., Wijaya, S., & Sopia, S. (2021). Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(2), 181-190.

Rahmawati, T. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20.

Saputri, H.A.S., & Larasati, N.J. (2023). Analisis Instrumen Assemen: Validitas, Realibilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9 (5), 2986-2995.

Solikin, I., & Amalia, R. (2019). Materi digital berbasis web mobile menggunakan Model 4D. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 8(3), 321-328.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73.

Syahroni, M. I. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43-56.

Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389-395.

Wulandari, A. (2020). Analisis Kualitas Soal dalam Pembelajaran Matematika dan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 15-22.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Nurhajati, A. R., Handayani, K., Nurhayati, N., Putri, H. E., & Hikmatunnisa, N. P. (2024). ANALISIS KUALITAS SOAL PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS 3 SD MELALUI ANATES DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI “KENALI HEWAN SEKITAR”. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18401–18409. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40072

Most read articles by the same author(s)