PENERAPAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI NURUL JADID
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42197Keywords:
Teknologi Pendidikan; Kahoot; Evaluasi Pembelajaran;Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan telah membawa dampak yang besar pada proses belajar dan pembelajaran di sekolah. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penerapan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi dalam pembelajaran di sekolah. Pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil pada penerapan Kahoot sebagai media evaluasi. Penelitian dilakukan di MI Nurul Jadid dengan melakukan wawancara dan observasi pada informan seperti guru, kepala sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kahoot sebagai media evaluasi dapat digunakan sebagai perbaikan keaktifan siswa dan mempermudah guru melaksanakan proses evaluasi dalam pembelajaran matematika di kelas V MI Nurul Jadid. Keaktifan siswa dapat dilihat ketika pembelajaran matematika yang dilaksankan menjadi menyenangkan serta dapat melibatkan siswa secara aktif dengan menggunakan unsur gamifikasi. Penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi juga memberikan opsi yang otomatisasi dalam melihat hasil belajar siswa, dibandingkan dengan metode evaluasi konvensional seperti tes tertulis, penilaian tugas harian, dan lembar kerja siswa.References
Arsanti, M. A. (2021). Plagiat Merupakan Tindakan Tidak Terpuji Plagiat Merupakan Tindakan Tidak Terpuji. Repository.Usd.Ac.Id, 1–85. https://repository.usd.ac.id/25510/2/084114001_Full%5B1%5D.pdf
Bara, R. V., Abigail, O., & Muchtar, N. A. (2023). Program PKM-PM : Pendampingan Dalam Pembuatan Evaluasi Materi Pembelajaran Yang Interaktif Kepada Guru SMAS KRISTEN SOLEMAN MAKASSAR Menggunakan Platform Kahoot PKM-PM Program : Assistance in Making Evaluation of Interactive Learning Materials for KRISTEN. 465–472.
Febriani, S., Zakir, S., & Ilmi, D. (2024). Evaluasi Program Sekolah Digital dalam Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 752–761.
Hasanah, N. A., Hafiza, E., & Irianto, M. E. (2024). Peranan Game Edukasi Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa The Role of Kahoot Educational Game in Increasing Student Motivation to Learn. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 305–316. https://doi.org/10.5281/zenodo.11194824
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 3(2), 91–102.
Kusjuniati. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 05(1), 112–123.
Kusuma, J. W. (2024). Pengaruh Model Role playing Berbantuan Aplikasi Kahoot Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. 301–314.
Luluk Baikuna, M. Farhan Hidayatuloh, Muhammad Fikri Rizal, Nafiatul Fitria, Nurul Ulfatun Anjelina, M. Rivan Eko Mahendra, Marlina Marlina, & Agustina Zahrotin Nisak. (2023). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pemanfaatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(1), 102–115. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1182
Nursella, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 4, 54–66. http://j-edu.org/index.php/edu/article/view/14%0Ahttps://j-edu.org/index.php/edu/article/download/14/11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Della Yunita Indah Safitri, Yulina Fadilah, Faisal Faliyandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.