PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Authors

  • Siti Jamiatussoleha Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Chanifudin Chanifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41780

Keywords:

Pendidikan Islam, Masyarakat, Multikultural

Abstract

Krisis yang merambah Indonesia kini adalah krisis multidimensional, mulai dari krisis moral, etika dan toleransi. Kemunduran nilai-nilai moral pada peserta didik / masyarakat saat ini telah menjadi tantangan dan peringatan bagi semua pihak, terutama lembaga pendidikan, peran guru dan orang tua. Banyak kasus yang menimpa generasi muda, mulai dari kasus intoleransi,bullying, pergaulan bebas dan perbuatan menyimpang lainnya. Berbagai krisis multidimensi yang ada di Indonesia, diakui atau tidak merupakan bagian dari problem kultural yang salah satu penyebabnya adalah keragaman kultur yang ada di masyarakat kita. Keragaman kultur seharusnya bukan menjadi penyebab adanya diskriminasi, ketidakadilan, kecurigaan dan berbagai pelanggaran HAM, tetapi menjadi kekuatan untuk membangun kebersamaan. Guru memiliki peran penting dalam transmisi ilmu pengetahuan, informasi, pendidikan karakter, penelitian, rekreasi, dan pemahaman kultural. Pemikiran pendidikan Islam multikultural yang ada di Indonesia disandarkan pada ajaran Islam sebagai sumber pemikiran. Multikulturalitas merupakan sunnatullah yang tidak bisa dihindari didalamnya mengandung nilai-nilai penting bagi pebangunan keimanan dan kehidupan sosial.Peran guru dan Pendidikan agama memegang peranan penting dalam meluruskan pemahaman Islam yang menyimpang kepada pemahaman Islam yang ”Rahmatan lil allamin”. Pendidikan agama Islam dalam masyarakat sangatlah penting. Melalui pendidikan islam dan pengajaran berdampak pada akhlak yang baik. Ajaran agama bukan hanya ritual belaka tetapi sampai kepada aktualisasi ajaran dan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas pengembangan pendidikan agama islam  dalam masyarakat multicultural. Metode penulisan ini adalah kajian kepustakaan( literature library) dengan pendekatan konten analisis, yang termasuk dalam kategori penelitian kualitatif, yang akan mengkaji teori – teori tentang Pendidikan Islam dalam Masyarakat Multikultural dan mencari informasi yang relevan dengan masalah  serta memperdalam pengetahuan penulis mengenai masalah pendidikan agama dalam masyarakat yang majmuk / multicultural.

References

Surya, Anggraini. Fina “ Pengmbangan Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Multikutural”, Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No 2, Desember 2019, Cirebon.

Mei,Risk, dkk, “ Pendidikan Islam di Tengah Masyarakat Multikultural “, Jurnal ; Pendidikan dan Tknologi, Vol 1, Nomor 1, ( April 2024 ): 67 ; Ulyan Nasri & M. Tabibuddin, “Paradigma Moderasi Beragama: Revitalisasi Fungsi Pendidikan Islam dalam Konteks Multikultural Perspektif Pemikiran Imam al-Gazali”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol 8, Nomor 4,( November 2023) ; 1959-1966, https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1633

Nasri, Ulyan “Rethinking Religious Moderation: Revitalisasi Konsep Manusia Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dalam Konteks Multikultural”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol 9, Nomor 1, ( Fbruari 2024 ), 213 – 220, : https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1655

Rahman,Abdul”Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi Dan Isi-Materi."’, Jurnal Eksis 8, no. 1 (2012).

Izzah,Ismatul ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani’, Pedagogik: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (30 June 2018): 50–68.

Iman, Mujhirul, ” Implementasi Pendidikan Islam Multikultural di Madrasah Aliyah Negeri Dolok Masihul Serdang Bedagai “, Jurnal : Universitas Negeri Sumatra Utara, ANALYTICA ISLAMICA: Vol. 6 No. 1 Januri-Juni 2017,56.

Zainuddin & Ersi,” Peran pendidikan Islam di Tengan Masyarakat Multikultural”, PROGESSA Journal of Islamic Religious Instruction, Vol. 07 No. 02 Agustus 2023, 140 -148, https;//jurnal,stitradenwijaya.ac.id/index.php/pgr/index.

Hikmat,Rokhmatul, dkk,” Implementasi Pendidikan Islam Multikultural di dunia Pendidikan”, JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 2023. Hlm. 3720-3730, DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26449.

Ansyori, Ahmad,“ Peran Pendidididkan Islam dalam Mendorong Perdaaian dan Toleransi di Masyarakat Multikultural “,Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 1, Maret 2024: 12-18, : https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.50.

Abdullah, Jihan, (2014). “Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren (Studi Kasus pada Pondok Modern Ittihadul Ummah Gontor Poso)”, dalam Istiqra, Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol. 2, No. 1, Januari- Juni 2014, hlm. 105.

Djaelani,Moh.Solikodin , “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat”, Jurnal Ilmiah Widya, Volume 1, Nomor 2, Juli - Agustus 2013, hlm; 104.

Suryani, Ira” Ilmu Pendidikan Islam “, UMSU PRESS, Medan, Sumatra Utara, 2023, hlm. 60 - 61

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Jamiatussoleha, S., & Chanifudin, C. (2025). PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1728–1735. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41780

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.