PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 HAJIMENA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40164Keywords:
GASING, Komunikasi Matematis Siswa, MatematikaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran matematika GASING terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri 2 Hajimena. Penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 72 siswa yang terdistribusi dalam 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB berjumlah 24 siswa yang dipilih secara random sampling . Dalam penelitian ini data diperoleh dari hasil uji tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk deskriptif. Soal uraiannya berisi 4 soal, dimana soal tersebut sudah mencakup ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan uji sampel uji t berpasangan diperoleh sig . (2- tailed ) yaitu 0,000, sehingga sig . (2- tailed ) < 0,05 maka terdapat pengaruh metode pembelajaran matematika GASING terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri 2 HajimenaReferences
Aprijon, A. (2021). Pelatihan matematika gasing pada materi penjumlahan dan perkalian dua digit dengan dua digit untuk siswa kelas VI sekolah dasar negeri. Menara Riau, 14(1), 45–55.
Fauzan, M., Sulaeman, M., & Soraiya, S. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERAHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK STUDI SURVEI DI SMK BINA PANGUDI LUHUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12862–12869.
Kresnawati, E. S., Dewi, N. R., Suprihatin, B., & Resti, Y. (2021). ESK Pengaruh Penerapan Konsep Matematika Gasing dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Guru SDIT Auladi Plaju. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1076–1080.
Kusuma, M. W. K., Jampel, I. N., & Bayu, G. W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 37–46.
Lestari, O. R., & Hardini, A. T. A. (2022). Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2498–2506.
Mawaddah, M., & Siswanto, R. D. (2022). Development of E-Worksheet To Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability: Pengembangan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 298–314.
Munzim, M. (2015). Peningkatan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Surkarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Napitu, P., Marbun, Y. M., & Purba, Y. O. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Gasing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Spldv Kelas VIII Smp Negeri 2 Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2203–2215.
Ningtias, S. W., & Soraya, R. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 347–355.
Purwasih, S. M. (2020). Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 126–133.
Septiana, A. C., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2019). Mathematics communications skill of student in senior high school on introvert. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1), 012106.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1–11.
Sukmawarti, S., & Hidayat, H. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2851–2859.
Vitaloka, W. P., Habibi, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial berdasarkan prosedur Newman. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Wardhana, K. E., Syafi’i, A. M., & Putra, F. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash dalam Pembelajaran Matematika. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 57–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahayu Soraya, Sinta Widya Ningtias

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.