MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA ARAB MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN: STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH SERANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39418Keywords:
Arabic Language, Discovery Learning, Learning Effectiveness, Reading ComprehensionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas pembelajaran penemuan (discovery learning) dalam meningkatkan pemahaman membaca Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental untuk membandingkan kinerja kelompok eksperimen (kelas X) yang menerima pembelajaran penemuan dengan kelompok kontrol (kelas XI) yang diajar menggunakan metode pembelajaran tradisional. Pre-test dan post-test diberikan kepada kedua kelompok untuk mengukur kemampuan membaca literal siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman membaca di antara siswa dalam kelompok eksperimen yang terpapar dengan pembelajaran penemuan, tingkat signifikansi t > tabel = 8,28 > 1,67 dan > tabel = 8,28 > 2,40 adalah persyaratan pengujian. Nilai post-test kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada nilai pre-test mereka, melampaui kinerja kelompok kontrol. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penemuan merupakan pendekatan pedagogis yang efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca pada SMA Muhammadiyah SerangReferences
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., ... & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Arsyad, M. H. (2019). Metode-metode pembelajaran bahasa Arab berdasarkan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kecakapan berbahasa. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 13-30.
Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model discovery learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86.
Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39-54.
Muvid, M. B., Kisworo, A. Y., Septiawan, Y., PS, A. M. B. K., & Purba, A. S. (2023). Integration of Discovery Learning and Active Learning Methods in Shaping Students' Critical, Creative and Innovative Culture. Remittances Review, 8(4).
Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106.
Sulaiman, E. (2023). Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula). Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 142-151. https://doi.org/10.55352/edu
Tarihoran, N., & Rachmat, M. (2012). Reading basic reading skill 1. Loquen Press.
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner pada konsep bangun datar sekolah dasar. Nusantara, 2(2), 327-349.
Van Joolingen, W. R., de Jong, T., Lazonder, A. W., Savelsbergh, E. R., & Manlove, S. (2005). Co-Lab: research and development of an online learning environment for collaborative scientific discovery learning. Computers in human behavior, 21(4), 671-688. doi:10.1016/j.chb.2004.10.039
Wechsler, S. M., Saiz, C., Rivas, S. F., Vendramini, C. M. M., Almeida, L. S., Mundim, M. C., & Franco, A. (2018). Creative and critical thinking: Independent or overlapping components?. Thinking skills and creativity, 27, 114-122. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.12.003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahimah Rahimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.