IMPLEMENTASI METODE DZIKIR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN RELIGIUS SANTRI DI PESANTREN AL-FATICH SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39390Keywords:
Metode Dzikir, Kecerdasan ReligiusAbstract
Pesantren dan Tarekat telah lama hadir dan mewujudkan salah satu tujuan pendidikan nasional, menjadikan pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Untuk mewujudkan tujuan itu dibutuhkan kecerdasan religius yang ditingkatkan hingga mencapai kepribadian tersebut. Namun belum ditemukan penelitian mengenai peningkatan kecerdasan religius yang dijalankan oleh lembaga pendidikan yang menggabungkan pesantren dan terekat. Maka penelitian ini berupaya meneliti implementasi metode dzikir pada Pesantren Al-Fatich Surabaya yang merupakan lembaga Pesantren sekaligus Tarekat Tijaniyah. Rumusan masalah penelitian ini antara lain: Bagaimana kecerdasan religius santri di pesantren Al- Fatich Surabaya? Bagaimana implementasi metode dzikir dalam meningkatkan kecerdasan religius santri di Pesantren Al-Fatich Surabaya? dan Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode dzikir di Pesantren Al-Fatich Surabaya? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan untuk memperoleh data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperiksa dengan triangulasi dan pembahasan sejawat. Sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) kecerdasan religius santri dideskripsikan dari 5 indikator yaitu menjalankan ibadah sesuai syariat, berperilaku dan berkepribadian sesuai akhlak karimah, senantiasa berbuat kebaikan sesuai nilai ajaran Islam yang paling utama, berjuang di jalan Allah, dan kemampuan menyikapi yang terjadi dengan bijaksana dan ketenangan; (2) implementasi metode dzikir di Pesantren Al-Fatich Surabaya dideskripsikan dari 5 prinsip yaitu mengadakan dzikir secara terbuka, mengkondisikan diri santri melalui baiat, membina praktik dzikir dengan kesadaran dan konsentrasi secara konsisten, menjelaskan pemahaman nilai tasawuf dalam proses berdzikir, dan membina praktik nilai tasawuf dan memberikan keteladanan hidup; dan (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode dzikir di Pesantren Al-Fatich Surabaya dideskripsikan sebagai faktor internal yang terdapat pada diri santri itu sendiri dan faktor eksternal yang terdapat dari luar diri santri antara lain pendidik, sarana belajar dan lingkungan.References
Achadi, M. Wasith. 2018. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional.
Jurnal AL GHAZALI, Vol. 1, No. 2.
Agustian, Ary Ginanjar. 2002. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Arga Wijaya Persada: Jakarta.
Anshori, M. Afif. 2016. Dimensi-simensi Tasawuf, CV TeaMs Barokah: Bandar Lampung.
Anwar, Ali. 2011. Pembaruan pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Anwar, Saepul. 2007. Tarekat Tijaniyah; Pengamalan Tarekat Tijaniyah di Pondok Pesantren Al-Falah Biru Garut, Jurnal Ta’lim Vol. 5 No. 2.
Arief, Armai & Busdahiar. 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Wahana Kardofa: Jaakarta.
Arifin, M. 1994. Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara: Jakarta.
Azzat, Akhmad Muhaimin. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual bagi Anak, Arruzz Media: Jakarta.
Bagir, Haidar. 2019. Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, Mizan: Bandung.
Darmiah. 2021. Hakikat Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA; Media Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. 11, No. 1.
Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, LP3ES: Jakarta.
Drajat, Zakiyah. 2008. Metodik Khusus Pengajaran dalam Agama Islam, Bumi Aksara: Jakarta.
Fauzan. 2016. Sejarah Pendidikan Islam: Analisis Klasik dan Modern, UIN Jakarta Press: Jakarta.
Fitria, Maghfirotul. 2021. Ajaran Tasawuf Pada Tarekat Tijaniyah. Spiritualita: Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi Islam, Vol. 5, No. 1.
Frager, Robert. 2014. Psikologi Sufi untuk Transformasi Hati, Jiwa, dan Ruh, Zaman: Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara: Jakarta.
Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif, Walashri Publishing: Medan.
Hawa, Said. 2006. Kitab Tazkiyatun Nafs Intisari Ihya’ Ulumuddin, Pundi Aksara: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sun’an Sun’an, Masrur Huda, Tri Marfianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.