ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KULINER TRADISIONAL: STUDI KASUS KUE PUKIS KOTA BARU DI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36994Keywords:
Usaha Mikro, Kuliner Tradisional, Kue Pukis, Strategi Pengembangan, Kelayakan UsahaAbstract
Usaha mikro kuliner tradisional memiliki peran penting dalam ekonomi lokal, namun seringkali menghadapi tantangan dalam pengembangan dan keberlanjutan usaha. Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan dan merumuskan strategi pengembangan usaha mikro melalui studi kasus Kue Pukis Kota Baru di Kota Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Responden penelitian meliputi pelaku usaha, konsumen, dan pemangku kepentingan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Kue Pukis memiliki potensi pengembangan yang signifikan dengan tingkat kelayakan usaha mencapai 76,5%. Faktor kunci keberhasilan meliputi kualitas produk, jejaring pemasaran, dan inovasi produk. Strategi pengembangan yang direkomendasikan mencakup peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi varian produk, optimalisasi pemasaran digital, dan pemberdayaan pelaku usaha melalui pendampingan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan usaha mikro kuliner tradisional dan memberikan rekomendasi konkret untuk peningkatan daya saing.References
Amsari, S., Shawab, N., & Anggara, W. (2023). Implikasi Konsep Derivatif Dalam Memaksimalkan Keuntungan (Studi Kelayakan pada Toko Kue Ulfa, Medan Sunggal). Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 23(1), 109–117. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v23i1.14060
Mutiarni, R., Mardiana, N., & Purwanto, N. (2022). Sistem Informasi Studi Kelayakan Bisnis (SIKUBIS) Sebagai Pendukung Pembelajaran Pada Mata Kuliah Studi Kelayakan Bisnis. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(2), 33–44. https://doi.org/10.26533/comvice.v6i2.968
Nasrida, Farras Muhammad Firdausya, L. Z., & Gulo, A. L. (2023). Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Kue (Studi Kasus Pada Toko Kue “Olahan Mey” Di Palangka Raya). Journal of Management and Social Sciences, 2(2), 120–129.
Reza Abdilah Saputra, & Abdur Rohman. (2024). Studi Kelayakan Bisnis Syariah Pengembangan UMKM “Dodolanku Surabaya”: Analisis Aspek Pemasaran. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 53–59. https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i2.1476
Wenny Permata Sari, & Obadja, N. N. (2023). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kue Bangkit Kenanga Ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Manajemen. EKONOMIKA45?: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(1), 439–449. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.1880
Yahya, L. M., Yanda, V. P., Indriyani, D., & Hafid, A. (2024). Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Toko Kue (Studi Kasus Pada Usaha Kue Bolu Ina Boy
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Kemala Dewi Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.