ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 21 MEDAN DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Saidun Hutasuhut Universitas Negeri Medan
  • Irma Siagian Universitas Negeri Medan
  • Abed Nego Siregar Universitas Negeri Medan
  • Fransiska Adelia Sinulingga Universitas Negeri Medan
  • Gita Nurhalizah Pasaribu Universitas Negeri Medan
  • Putri Nidia Sapma Universitas Negeri Medan
  • Yemima Eleonore Nadapdap Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38757

Keywords:

Pembelajaran Kolaboratif, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi, Metode Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap prestasi siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Penelitian menggunakan metode survei dengan instrumen angket yang terdiri dari 20 pernyataan mencakup lima aspek: pemahaman dan keterlibatan pembelajaran, motivasi dan minat belajar, interaksi dan komunikasi, hasil belajar, serta perbandingan dengan metode konvensional. Sampel penelitian terdiri dari 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan respons yang sangat positif terhadap pembelajaran kolaboratif. Pada aspek interaksi dan komunikasi, 100% responden setuju bahwa pembelajaran kolaboratif meningkatkan kemampuan komunikasi, dengan 34,2% sangat setuju. Dalam hal motivasi belajar, 94,7% siswa menyatakan lebih termotivasi ketika dapat bertukar pikiran dengan teman sekelompok. Terkait hasil belajar, 84,2% responden melaporkan peningkatan nilai dalam mata pelajaran ekonomi sejak menggunakan metode pembelajaran kolaboratif. Aspek yang paling menonjol adalah pengembangan kemampuan kerja sama, dimana 100% responden setuju dengan 50% diantaranya sangat setuju. Dibandingkan dengan metode konvensional, 89,5% siswa menyatakan pembelajaran kolaboratif lebih efektif. Data juga menunjukkan bahwa 86,8% siswa lebih mudah memahami materi ekonomi ketika belajar dalam kelompok kolaboratif. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran kolaboratif memiliki dampak positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi, terutama dalam aspek pemahaman materi, motivasi belajar, dan pengembangan keterampilan sosial.

References

Bangun Napitupulu, Novita Indah Hasibuan, I. S. A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengantar Manajemen Di Fakultas Ekonomi Unimed. Mediasi Manajemen, Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi Pengembangan, II(5), 1–20.

Eliza, Basir, M. D., & Ikbal, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal PROFIT, 2(2), 169–178. https://core.ac.uk/download/pdf/267824823.pdf

Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp

Handhika, D., Santoso, & Ismaya, E. A. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1544–1550. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1449

Handoko, A., & Ghofur, M. A. (2020). Peran Komunikasi Didaktik, Pembelajaran Kolaborasi, Dan Kinerja Guru Pada Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 41–48. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4713

Husna, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Increasing Economic Learning Achievement With the. AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(2), 180–198.

Irmawanti, L. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 294–308. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.603

Irmawati, E. (2016). Pengaruh Kolaborasi Pbl Dengan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X Sma Kartikatama Metro Lampung. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 3(1), 1–8.

Metola, M., Nggandung, Y., & Saragih, F. (2023). ditolak dan h 1 diterima maka dugaan alternatif diajukan diterima yakni model pembelajaran (TSTS) mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang Timur. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 2(2), 160–168.

Munawaroh, F., & Wijaya, P. A. (2020). Pengaruh Strategi Murder Dengan Model Pembelajaran Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMAN 4 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 7(2), 809–820.

Rahayu, S., Priamiasih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 132–143.

Rifa’i, M. N., Ismail, K., Rohmah, M., & Rusmiati, R. (2021). Metode: Membalik Kelas, Kolaboratif, Kreativitas Siswa (Moderasi) Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(2), 12. https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6263

Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2020). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif. Seminar Nasional Pengambdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–12. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8056

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Hutasuhut, S. ., Siagian, I. ., Siregar, A. N. ., Sinulingga, F. A. ., Pasaribu, G. N. ., Sapma, P. N. ., & Nadapdap, Y. E. . (2024). ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 21 MEDAN DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17315–17321. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38757

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.