ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 21 MEDAN DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38757Keywords:
Pembelajaran Kolaboratif, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi, Metode PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap prestasi siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Penelitian menggunakan metode survei dengan instrumen angket yang terdiri dari 20 pernyataan mencakup lima aspek: pemahaman dan keterlibatan pembelajaran, motivasi dan minat belajar, interaksi dan komunikasi, hasil belajar, serta perbandingan dengan metode konvensional. Sampel penelitian terdiri dari 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan respons yang sangat positif terhadap pembelajaran kolaboratif. Pada aspek interaksi dan komunikasi, 100% responden setuju bahwa pembelajaran kolaboratif meningkatkan kemampuan komunikasi, dengan 34,2% sangat setuju. Dalam hal motivasi belajar, 94,7% siswa menyatakan lebih termotivasi ketika dapat bertukar pikiran dengan teman sekelompok. Terkait hasil belajar, 84,2% responden melaporkan peningkatan nilai dalam mata pelajaran ekonomi sejak menggunakan metode pembelajaran kolaboratif. Aspek yang paling menonjol adalah pengembangan kemampuan kerja sama, dimana 100% responden setuju dengan 50% diantaranya sangat setuju. Dibandingkan dengan metode konvensional, 89,5% siswa menyatakan pembelajaran kolaboratif lebih efektif. Data juga menunjukkan bahwa 86,8% siswa lebih mudah memahami materi ekonomi ketika belajar dalam kelompok kolaboratif. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran kolaboratif memiliki dampak positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi, terutama dalam aspek pemahaman materi, motivasi belajar, dan pengembangan keterampilan sosial.References
Bangun Napitupulu, Novita Indah Hasibuan, I. S. A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengantar Manajemen Di Fakultas Ekonomi Unimed. Mediasi Manajemen, Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi Pengembangan, II(5), 1–20.
Eliza, Basir, M. D., & Ikbal, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal PROFIT, 2(2), 169–178. https://core.ac.uk/download/pdf/267824823.pdf
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Handhika, D., Santoso, & Ismaya, E. A. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1544–1550. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1449
Handoko, A., & Ghofur, M. A. (2020). Peran Komunikasi Didaktik, Pembelajaran Kolaborasi, Dan Kinerja Guru Pada Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 41–48. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4713
Husna, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Increasing Economic Learning Achievement With the. AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(2), 180–198.
Irmawanti, L. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 294–308. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.603
Irmawati, E. (2016). Pengaruh Kolaborasi Pbl Dengan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X Sma Kartikatama Metro Lampung. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 3(1), 1–8.
Metola, M., Nggandung, Y., & Saragih, F. (2023). ditolak dan h 1 diterima maka dugaan alternatif diajukan diterima yakni model pembelajaran (TSTS) mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang Timur. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 2(2), 160–168.
Munawaroh, F., & Wijaya, P. A. (2020). Pengaruh Strategi Murder Dengan Model Pembelajaran Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMAN 4 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 7(2), 809–820.
Rahayu, S., Priamiasih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 132–143.
Rifa’i, M. N., Ismail, K., Rohmah, M., & Rusmiati, R. (2021). Metode: Membalik Kelas, Kolaboratif, Kreativitas Siswa (Moderasi) Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(2), 12. https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6263
Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2020). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif. Seminar Nasional Pengambdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–12. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8056
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saidun Hutasuhut

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.