PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DIMEDIASI OLEH MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2020
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35259Keywords:
Efikasi Diri, Pengenalan Lapangan Persekolahan, Pengambilan Keputusan Karir, Minat Menjadi GuruAbstract
Minimnya pengetahuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2020 tentang pengambilan keputusan profesional menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan keterpaparan terhadap sistem pendidikan terhadap keputusan karier mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan fokus minat mengajar sebagai faktor mediasi. Jumlah sampel dan populasi penelitian ini adalah 83 mahasiswa. Seluruh metodologi pengambilan sampel merupakan metode yang digunakan dalam pengambilan sampel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner skala likert yang dipadukan dengan uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan program perangkat lunak SPSS 22 for Windows. Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis rute. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri dan pengambilan keputusan karier memiliki hubungan yang positif dan substansial, dengan nilai t statistik sebesar 3,645 > 1,664 dan nilai p sebesar 0,000 < 0,05. PLP II memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan karier (nilai t-statistik: 4,302 > 1,664; nilai p: 0,000 < 0,05). (3) Hubungan antara minat menjadi guru dan efikasi diri adalah positif dan signifikan, dengan nilai p sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-statistik sebesar 5,005 > 1,664. (4) Dengan nilai t-statistik sebesar 2,554 > 1,664 dan nilai p sebesar 0,013 > 0,05, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara PLP II dengan minat menjadi guru. (5) minat menjadi guru dan pengambilan keputusan profesional memiliki hubungan positif dan signifikan, dengan nilai p 0,001 < 0,05 dan nilai t-statistik 3,304 > 1,664. Seperti yang ditunjukkan oleh minat menjadi guru, efikasi diri dan pengambilan pilihan karier memiliki pengaruh positif dan substansial (nilai statistik uji Sobel: 2,753 > 1,96, nilai probabilitas satu sisi: 0,002 < 0,05). Pengenalan bidang sekolah II dan motivasi menjadi guru berdampak pada pengambilan keputusan profesional; ini didukung oleh nilai probabilitas satu sisi sebesar 0,021 < 0,05 dan nilai statistik uji Sobel sebesar 2,019 > 1,96.References
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H Freeman and Company
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Gillen, Aisling., Landy, Fergal., Devaney, Carmel, Canawan, Jhon. (2013). Child and Family Commissioning Strategy. Chil & Family Agency: London.
Kartono, K, & Hilmiana, H. (2018). Job Burnout: A Mediation between Emational Intelligence and Turnover Intention. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 19(2), 109-121
Khairani, Makmum. 2013. Psikologi Pendidikan. Aswaja Presindo. Yogyakarta
Kumalasari, Fani, & Ahyani, Latifah, Nur. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Vol. 1 No. 1. Universitas: Maria Kudus
Kumalasari, Fani,. & Ahyani, Latifah Nur. (2012). Hubungan Antara Dukungan Social Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. 1(1), 21-31.
Miski, R., & Mawarpury, M. (2017). Pengambilan Keputusan Pada Remaja Yang Mengalami Pengasuhan Otoriter. Jurnal Ecopsy, 4(3), 157.
Nurrohmatulloh, M. A. 2016. Hubungan Dukungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Orang Tua Dengan Minat Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi. E-Jurnal Psikologi. 4(2), 446-456.
Purnama, C. Y., & Ernawati, L. (2020). Penyusunan Dan Analisa Psikometri Instrumen CDMSE (Career Decision Making Self Efficacy). Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unjani EXPO (Unex), 1(1), 15-19
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmawati,F. (2015). Peningkatan Kematangan Karir Melalui Teknik Games pada Siswa Kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Pundong. Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan
Sancahya, A.A.GA. & L. Kadek. 2014. Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Self Esteem pada Program Studi Psikologi. Fakultas Kedokteraan, Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana. 1 (3), 234-5607.
Sersiana, L. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Karir Dan Persepsi Terhadap Masa Depan Karir Dengan Kematangan Karir SiSWA smk pgri Wonoasri Tahun Ajaran 2012/2012. Jurnal BK Unesa, 3(1)
Setiaji, Khasan. (2015). Pilihan Karir Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume X No. 2. Hal 196-211 Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Setiyowati. 2015. Hubungan Efektivitas Bimbingan Karir dan Orientasi Masa Depan dengan Keputusan Karir Remaja. Naskah Publikasi Magister Sains Psikologi. Solo: UMS
Stephen P Robbin, 2003. Perilaku Organisasi, jilid dua, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix. Metode). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Santi Apriani Br Sihotang, Putri Kemala Dewi Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.